thumbnail

Cara Ampuh Menagih Utang ke Pelanggan

24 Februari 2021

Pernah merasakan sulitnya menagih utang? Ini bukan cuma masalah kamu aja, kok. Banyak orang di luar sana pusing dengan utang yang tidak segera dibayar. Mau nagih, tapi sungkan.

Mau diam saja, tapi butuh uang. Seandainya ada cara menagih utang dengan hati senang, pasti sudah kamu lakukan.

Kadang si pengutang lebih galak dari si pemberi utang. Utang juga bisa merusak hubungan pertemanan dan persaudaraan, lho. Terutama, kalau si pengutang tidak ada itikad baik dalam melakukan pembayaran.

Ciri-cirinya adalah kamu sebagai pemberi utang dan terus mengulur waktu untuk membayar utang.

Ternyata, seseorang yang tidak mampu membayar utang tidak bisa dipidana. Menurut Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, seseorang tidak bisa dipenjara karena tidak mampu membayar utang. Artinya jalan keluarnya cuma satu yaitu kamu harus menagih sendiri utang itu.

Tagih Secara Kekeluargaan

Pertama, yang bisa kamu lakukan sebagai pemberi utang adalah menagih utang secara kekeluargaan. Kamu bisa menghubungi si pengutang lewat Whatsapp, email, hingga telpon.

Kalau perlu, kamu bisa menemui langsung si pengutang. Kamu butuh kesabaran dalam menagih utang sampai dibayar lunas. Jangan ragu untuk menagih yang menjadi hakmu, ya.

Tidak perlu sungkan atau ragu saat si pengutang menolak melunasi utangnya. Namun, kamu harus tetap menjaga sopan santun ya. Tetap sabar dan tidak terpancing emosi meski si pengutang sulit diajak bekerja sama.

Simpan Bukti

Walau si pengutang adalah keluarga atau teman dekat, kamu harus tetap berhati-hati dalam meminjamkan uang. Simpan bukti yang menunjukkan bahwa kamu memberikan pinjaman kepada orang tersebut.

Jangan lupa perkuat dengan surat perjanjian yang berisi informasi mengenai jumlah yang yang dipinjamkan beserta tempo pembayarannya.

Mungkin kamu akan merasa tidak enak hati dan takut dicap berlebihan. Namun, jangan khawatir, surat perjanjian ini menguntungkan kedua belah pihak lho. Kamu sebagai pemberi utang mendapatkan kepastian mengenai tanggal jatuh tempo pembayaran serta jumlah yang dibayarkan.

Sementara si pengutang juga mendapat kepastian mengenai tanggal jatuh tempo sehingga ia tidak khawatir ditagih paksa untuk mengembalikan uang dalam waktu lebih cepat.

Ia juga tidak perlu takut ditagih untuk membayar utang dengan jumlah yang lebih besar.

Yakinkan si pengutang bahwa kamu sama-sama membutuhkan surat perjanjian itu agar utang piutang yang terjadi tidak merugikan satu sama lain.

Kirim Somasi

Kamu juga bisa memanfaatkan somasi untuk melakukan penagihan utang. Isinya adalah peringatan tertulis agar si pengutang segera melunasi utangnya.

Baik menagih utang secara kekeluargaan maupun melalui somasi harus dilakukan dengan baik. Kamu tidak boleh menggunakan kata-kata yang kasar atau bernada mengancam.

Ada lho cara lain untuk menagih utang tanpa bikin kepala pusing. Jalan keluarnya adalah Credibook, aplikasi buku catatan digital yang memudahkan kamu mencatat uang.

Tenang, data dan catatan keuangan kamu dijamin aman. Data kamu disimpan menggunakan teknologi cloud.

Aplikasi Credibook bisa digunakan untuk kepentingan bisnis maupun pribadi. Dengan aplikasi Credibook, kamu tidak perlu mencatat utang secara manual. Mencatat utang secara manual itu kurang efisien.

Kalau kamu ingin melakukan ekspansi bisnis. Tanpa aplikasi, pencatatan keuangan secara manual akan terlalu membuang waktu.

Sebagai pemilik bisnis, kamu membutuhkan cara yang mudah, aman, dan cepat dalam mencatat utang.

Kamu tidak perlu lagi membawa buku utang ke mana-mana. Apalagi kalau buku itu juga digunakan oleh pegawaimu. Bayangkan, betapa kotornya buku kas itu disentuh banyak orang. Bisa jadi tempat perpindahan kuman!

Bandingkan kalau kamu menggunakan aplikasi Credibook. Credibook bisa diakses di beberapa perangkat sekaligus. Aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang anti ribet. Semua data di aplikasi bisa langsung diunduh.

Sebagai pemilik bisnis, kadang kamu akan direpotkan dengan pembukuan dari beberapa cabang tokomu.

Tenang, Credibook punya solusinya. Kamu bisa menambahkan beberapa buku pencatatan sekaligus dalam satu aplikasi. Pencatatan keuangan antartoko dapat dipisah sehingga tidak tertukar.

Credibook juga mudah digunakan. Pendaftarannya hanya menggunakan nomor telpon. Jangan khawatir karena penggunaan aplikasinya mudah dan tanpa iklan. Tidak bikin pusing! Jika kamu baru membuka usaha, kamu tidak akan kebingungan dalam menggunakan Credibook. Credibook punya banyak fitur yang memudahkan kamu menagih utang.

Fitur 1: Penagihan Melalui Whatsapp

Jangan sungkan untuk menagih utang. Catat laporan keuangan termasuk pinjaman yang kamu berikan menggunakan Credibook.

Kirimkan tagihan melalui Whatsapp atau SMS. Si pengutang akan mendapatkan pesan mengenai jumlah uang yang harus dibayar beserta cara pembayarannya.

Tagihan akan muncul dalam bentuk foto struk dan chat berisi detail tagihan. Anti repot, anti ribet, cukup klik link yang diberikan dalam chat itu maka kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran.

Ini memudahkan si pengutang untuk melakukan pembayaran. Pembayaran tagihan menjadi sangat ringkas!

Ada banyak pilihan pembayaran utang yang bisa digunakan baik melalui transfer rekening bank maupun Shopeepay. Pembayaran melalui Shopeepay dapat dilakukan dengan scan barcode.

Tagihan yang dibebankan kepada si pengutang sudah termasuk biaya administrasi transfer antarbank.

Fitur 2: Cetak Tagihan

Tagihan yang kamu kirimkan melalui Whatsapp juga bisa dicetak dalam bentuk soft copy maupun hard copy. Credibook memberikan pilihan untuk menyimpan dokumen dalam bentuk PDF. Kamu bisa langsung mencetaknya dengan menghubungkan akun Credibook-mu pada printer terdekat.

Fitur 3: Pencatatan Daftar Pengutang yang Mudah

Kamu cukup memberikan akses nomor kontak agar Credibook bisa mengirimkan tagihan melalui Whatsapp maupun SMS. Mendata pelanggan pun jadi lebih mudah dan cepat tanpa harus memasukkan nomor kontak satu per satu. Kamu cukup klik tambah pelanggan tiap akan memasukkan daftar utang atau piutang baru.

Fitur 4: Jatuh Tempo

Takut lupa tanggal jatuh tempo membayar utang pada supplier? Atau, kamu lupa utang yang dimiliki pelanggan? Credibook memiliki fitur jatuh tempo yang merangkum utang dan piutangmu serta tanggal pembayarannya. Dijamin, kamu tidak lagi pusing mengingat kapan tanggal jatuh tempo pembayaran utang piutang tokomu.

Fitur 5: Filter

Fitur ini memudahkan kamu untuk memisahkan utang pelanggan, utangmu, utang yang sudah lunas, hingga mengurutkan transaksi berdasarkan abjad maupun urutan besaran pembayaran.

Dengan fitur filter, kamu tidak perlu bingung membedakan mana utang mana piutang. Filter ini terutama akan berguna ketika catatan utang dan piutangmu sangat banyak. Kamu menjadi lebih mudah dan cepat dalam mencari data utang atau piutang tertentu.

Sekarang, kamu makin yakin kan dengan keunggulan Credibook untuk pencatatan dan penagihan utang?

Aplikasi Credibook gratis lho! Bahkan tidak ada iklan di dalam aplikasi ini tampilannya nyaman di mata. Kamu tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menggunakan seluruh fiturnya.

Yuk, download aplikasi CrediBook sekarang di Google Play Store atau klik di sini.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru