thumbnail

10 Ide Jualan Online Terlaris yang Bisa Kamu Coba

23 Oktober 2020

Salah satu kendala berbisnis online bagi pemula adalah bingung menentukan produk yang ingin dijual. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, mungkin artikel ini bisa jadi inspirasi buat kamu.

Memilih produk yang ingin dijual secara online, memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus peka terhadap permintaan dan tren di pasaran.

Nah, dari sekian banyak produk, berikut ini kami rangkum 10 ide jualan online terlaris yang bisa kamu coba.

1. Produk Fashion

Bukan tanpa alasan fashion atau pakaian ini menduduki peringkat pertama sebagai produk jualan online terlaris. Pasalnya, pakaian sudah menjadi kebutuhan mendasar di masyarakat. Tidak hanya itu, pakaian juga menjadi penunjang penampilan bagi seseorang.

Situs statista merilis pendataan yang menyatakan bahwa 55% pengguna internet global pernah membeli produk fashion secara online. Hal ini tentu menggambarkan betapa besarnya potensi market yang dimiliki produk fashion.

Jika kamu tertarik untuk memasarkan produk fashion secara online, ada baiknya juga memperhatikan tren dan momentum di pasaran. Misalnya, diprediksi hingga tahun 2021, baju rumahan (baju tidur, pakaian dalam hingga celana pendek) yang diubah menjadi look high fashion dan matching masker masih akan menjadi tren di masyarakat.

Di momen tertentu, demand dari suatu produk juga bisa menjadi booming seketika lho. Seperti momen Ramadhan dan Lebaran misalnya, permintaan terhadap pakaian muslim jadi meningkat pesat. Mulai dari gamis, tunik, hingga kaftan.

Nah, dengan mengetahui berbagai hal ini, kamu tidak akan kesulitan lagi di dalam menentukan produk apa yang ingin dijual.

2. Produk Kecantikan

Hadirnya penjualan produk kecantikan via online ternyata sangat disambut baik oleh para wanita. Ini jadi salah satu solusi untuk bisa cantik tanpa perlu ribet beli ke mall ataupun toko. Berbagai produk make up seperti lip matte, foundation, bedak, eyeshadow, hingga blush on, menjadi produk paling diminati.

Dikutip dari ekonomi.bisnis.com, jumlah pendapatan penjualan produk kecantikan mencapai US 6,9 Miliar di tahun 2019 lalu. Penjualan online menyumbangkan 10% dari angka tersebut. Survey lain juga menyebutkan bahwa 55% perempuan lebih nyaman membeli produk kecantikan secara online. Jadi, sudah bisa dibayangkan sebagus apa potensi yang dimiliki oleh produk yang satu ini bukan?

Selain make up, kamu juga bisa menjual produk perawatan kecantikan seperti produk serum anti-aging,sheet mask, dan pelembab.

3. Gadget & Elektronik

Di era modern seperti saat ini, gadget dan alat elektronik sudah menjadi kebutuhan dasar di masyarakat. Maka tak heran kalau jumlah transaksi online untuk pembelian produk gadget dan elektronik terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut survey yang dilakukan Kredivo, pembelian gadget secara online menempati peringkat kedua setelah produk fashion.

Salah satu produk gadget yang banyak dicari ialah Smartphone dan tablet. Tak hanya gadget, permintaan terhadap aksesoris gadget pun juga ikut meningkat. Misalnya casing handphone, pelindung kaca atau screen protector, dan earphone.

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu bisa menjual produk-produk tersebut secara bundling guna menarik minat pembeli.

4. Sneakers

Meskipun menjadi salah satu item dalam produk fashion, sneakers memiliki pasar atau pencintanya sendiri. Jadi tak heran jika pencarian terhadap produk ini selalu meningkat setiap tahunnya.

Namun, sama halnya dengan produk fashion lain, kamu perlu memperhatikan jenis dan warna sepatu yang sedang hits saat itu.

Di tahun 2020, dad sneakers atau chunky sneakers sangat populer di pasaran. Brand-brand besar seperti balenciaga, nike, hingga new balance, berlomba-lomba membuat sepatu yang identik dengan sol tebal dan siluet yang chunky ini. Selain itu, sneaker dengan model klasik dan warna monochrome juga masih menjadi favorit bagi banyak orang.

Sebelum menentukan jenis sneakers yang ingin dijual, ada baiknya kamu melakukan riset target market yang ingin disasar. Misalnya, jika yang kamu sasar adalah kalangan sneakerhead, ada baiknya kamu menyediakan produk yang up-to-date, branded, dan rare di pasaran. Tapi, jika kamu target pasar kamu adalah pengguna sneakers yang casual, cobalah untuk menjual produk yang affordable dengan kualitas yang baik.

5. Perlengkapan Rumah Tangga

Ternyata penjualan produk rumah tangga juga memiliki banyak peminat di platform online lho!

Hal ini mungkin karena di platform online seperti marketplace, konsumen bisa mencari berbagai jenis produk yang lebih bervariasi sehingga bisa mencari sesuai dengan yang dibutuhkan atau diinginkan.

Selain memilih produk yang ingin dijual, kamu juga harus pintar menentukan platform yang ingin digunakan. Menurut hasil riset eIQ, JD.id dan Tokopedia menjadi marketplace dengan penjualan produk peralatan rumah tangga paling tinggi di Indonesia.

6. Perlengkapan Bayi

Saat ini banyak orang yang lebih memilih toko online untuk membeli produk kebutuhan bayi, ketimbang harus datang langsung ke mall atau toko. Tidak percaya? Buktinya, kata kunci “perlengkapan bayi” memiliki volume yang besar di pencarian Google.

Banyaknya pasangan muda yang melek teknologi bisa jadi salah satu faktor meningkatnya pembelian perlengkapan bayi secara online. Berbelanja perlengkapan bayi secara online tentu juga akan jauh lebih mudah.

Melihat banyaknya permintaan akan kebutuhan perlengkapan bayi, kamu pun bisa mengambil kesempatan ini untuk berbisnis online.

7. Produk Makanan

Makanan tampaknya menjadi produk dengan target pasar terluas dalam daftar ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, bisnis makanan sangat berpeluang untuk masuk ke pasar online.

Menurut katadata.co.id, 58% masyarakat Indonesia memilih untuk membeli produk makanan secara online karena praktis dan tak perlu mengantri saat ingin melakukan pembayaran.

Melihat banyaknya permintaan terhadap produk makanan di pasar online, kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk berjualan produk makanan secara online. Pilihlah produk makanan yang aman untuk dikirim jarak jauh dan waktu yang lama. Misalnya, makanan ringan, frozen food, abon, dan masih banyak lagi.

8. Alat Olahraga

Di tahun 2019, penjualan alat olahraga naik 4 kali lipat dari tahun sebelumnya. Beberapa produk olahraga yang paling dicari yaitu jersey bola, kacamata renang, dan sepatu lari. Banyaknya produk olahraga yang dibeli juga bisa jadi kesadaran hidup sehat masyarakat Indonesia yang semakin meningkat.

Nah, melihat data tersebut, kamu bisa mencoba untuk menjual beberapa peralatan olahraga secara online. Kamu bisa membuka toko online khusus pakaian dan peralatan olahraga.

9. Tas Wanita

Satu lagi item fashion yang masuk ke daftar produk terlaris di platform online. Tas bisa dibilang jadi kebutuhan penting untuk wanita. Bahkan beberapa diantaranya tidak cukup jika hanya memiliki satu tas saja.

Melihat jumlah permintaan pasar yang tinggi, kamu bisa menjual produk tas wanita untuk toko online. Kamu bisa jadi reseller atau dropship produk tas wanita yang banyak diminati. Jenis tas tersebut seperti sling bag, tas ransel, tas serut dan hand bag.

10. Produk Kesehatan

Semenjak wabah virus corona menyebar, penjualan hand sanitizer, masker, dan sarung tangan secara online meningkat secara drastis. Produk ini menjadi salah satu produk online terlaris sepanjang tahun 2020.

Data menyebutkan bahwa produk hand sanitizer meningkat hingga lebih dari 500%. Penjualan produk kesehatan seperti suplai vitamin juga mengalami peningkatan hingga 210%.

Namun, perlu diketahui, bahwa produk kesehatan seperti obat-obatan tidak boleh dijual oleh perorangan secara online. Obat-obatan hanya boleh dijual oleh pihak tertentu yang telah memiliki izin menjual obat secara bebas, yaitu apotek dan produsen produk tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual hand sanitizer, desinfektan, dan masker kain secara online.

Itulah tadi 10 ide jualan online terlaris di sepanjang tahun 2020 yang bisa kamu coba. Yuk jadikan situasi pandemi sebagai momentum untuk bangkit dan berjuang lagi.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru