thumbnail

4 Cara Menabung Kreatif yang Patut Kamu Coba

15 Mei 2021

Meskipun sadar akan pentingnya memiliki tabungan, nyatanya, masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam membiasakan diri untuk menabung.

Biasanya, orang-orang yang gagal menabung adalah mereka yang menganggap menabung sebagai beban untuk diri sendiri. Padahal, aktivitas menabung sebenarnya dapat dijadikan kebiasaan baik yang manfaatnya bisa dirasakan di kemudian hari.

Untuk itu, supaya menabung terasa lebih ringan dan mudah, kamu bisa mencoba 4 cara menabung kreatif yang ada di bawah ini!

Tabungan 20 Ribu

Metode ini dipopulerkan oleh Ippho Santosa, seorang penulis, motivator, dan juga pengusaha sukses. Caranya sederhana, pertama-tama kamu perlu mempersiapkan sebuah celengan khusus untuk menempatkan uang tabunganmu. Lalu, setiap uang Rp 20 ribu yang kamu punya, baik dari kembalian belanja ataupun pemberian orang lain, wajib kamu tabung di celengan khusus tersebut.

Kalau sehari saja kamu bisa menabung 1 lembar uang 20 ribu, dalam setahun kamu bisa mengumpulkan hingga Rp7.300.000 lho! Menarik bukan?

Menabung Sesuai Tanggal

Ambil kalender dan tatap tanggal-tanggal yang tertera dengan seksama. Dalam strategi ini, tanggal-tanggal tersebutlah yang jadi penentu nominal tabungan kamu.

Caranya, kamu harus menabung setiap hari dengan besaran sesuai dengan tanggal di hari itu. Misal, di tanggal 1, kamu harus menabung sebesar Rp 1.000. Lalu di tanggal 2, kamu menabung Rp 2.000. Begitu seterusnya, sampai tanggal 30 yang berarti harus menabung Rp 30 ribu.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan Rp 465.000 – Rp 496.000 per bulan. Artinya, dalam setahun, setidaknya kamu bisa mendapatkan sekitar Rp 5.500.000.

Nabung Receh

Jangan remehkan kekuatan uang receh. Seorang pedagang asal Manado, menabung pecahan Rp500 dan Rp1.000 sampai bisa beli motor NMax seharga Rp30,75 Juta lho! Cerita ini sempat viral di jagat maya dan berhasil memotivasi banyak orang.

Jadi, Mulai sekarang setiap menemukan uang receh di dalam dompet, saku baju, kantong celana, ambil segera. Sediakan celengan khusus uang receh dengan ukuran besar agar dapat muat untuk jangka panjang.

Sisihkan Uang Kertas Terkecil

Metode ini sebenarnya cukup sederhana. Coba cek dompet kamu sekarang, dan lihat berapa nominal terkecil pada uang kertas yang kamu punya? Rp 5.000? Rp 10.000? Rp 50.000? Berapapun nominal terkecilnya, langsung masukkan ke dalam celengan kamu, dan lakukan hal ini secara konsisten. Mudah bukan?

Gimana, menarik bukan? Udah gak ada alasan buat mengatakan bahwa menabung itu sulit. Kamu bisa memilih 1 dari 4 cara kreatif diatas dan mulai membangun kebiasaan menabung lebih menyenangkan dari sekarang.

Selamat menabung!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru