thumbnail

4 Tipe Orang dalam Mengelola Keuangan, Kamu yang Mana?

17 Mei 2021

Setiap orang wajib mengetahui cara untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar. Bijak dalam mengelola keuangan dapat menjadikan kondisi ekonomi kamu lebih tertata, serta memberikan banyak manfaat dalam aspek kehidupan.

Namun tahukah kamu, bahwa tipe kepribadian seseorang sebenarnya berbanding lurus dengan cara mereka dalam mengelola keuangannya.

Masing-masing tipe kepribadian dalam banyak hal bisa mempengaruhi cara orang tersebut dalam mengelola uangnya. Menurut salah satu financial expert asal Amerika, Ray Linder, terdapat 4 jenis kepribadian finansial, yang masing-masing mencerminkan cara seseorang dalam menyikapi serta mengatur finansialnya. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

The Planner

Orang-orang dengan tipe planner dikenal sangat cermat. Mereka mampu mengatur keuangan pribadinya dengan baik sehingga kebutuhan di masa yang akan datang bisa tercukupi. Di sisi investasi, mereka juga sangat jeli dan disiplin dalam memantau perkembangan berkaitan dengan investasi jangka panjang yang sudah dijalankan. Karena kepribadiannya inilah, mereka dianggap sangat pas dalam menjadi pengelola investasi jangka panjang.

The Player

Ray Linder, sebagai pakar menggunakan istilah kompulsif untuk menggambarkan orang-orang dengan tipe ini. Seperti nama kepribadiannya, orang dengan tipe player, cenderung suka bermain-main dengan uang mereka. Orang dengan tipe ini cenderung memiliki sifat yang kompulsif. Mereka cenderung menghabiskan uang yang mereka miliki buat beli barang ini itu, tanpa bisa membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang sekedar keinginan.

The Protector

Seperti nama kepribadiannya, orang dengan tipe yang satu ini memang sangat berhati-hati dan benar-benar melindungi uang yang dimilikinya. Kehidupannya cenderung tidak berada dalam jalur resiko keuangan, masalah masa depan sudah dipersiapkan dengan matang, umumnya dengan memanfaatkan atau menyiapkan dana pensiun dari pekerjaan.

Kepribadian ini sekilas kelihatan sangat sempurna, bahkan dari sisi kebiasaan berbelanja sekalipun, tipe kepribadian ini cenderung pasif walaupun dalam satu waktu muncul merek baru yang booming. Orang dengan karakteristik kepribadian protector tidak akan mau mencoba untuk membelanjakan uangnya untuk hal semacam itu.

The Pleaser

Apakah kamu punya kenalan yang sangat royal dan hobi mentraktir teman-teman nya saat hangout bersama? Jika ia, mungkin mereka adalah orang dengan tipe pleaser atau penggembira.

Menurut Ray Linder, tipe pleaser ini sangat hobi menghabiskan uangnya untuk memuaskan diri sendiri maupun orang lain. Mereka bahkan jarang memperdulikan apakah uang yang mereka keluarkan untuk diri sendiri dan orang lain itu beresiko atau nggak.

Itulah tadi 4 tipe orang dalam mengelola keuangan mereka. Kamu termasuk tipe yang mana nih Bos?

Buat kamu yang termasuk tipe pleaser maupun player, sebaiknya belajar untuk mengubah kebiasaan dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan buat catatan keuangan supaya alur pengeluaran kamu jelas dan lebih terkontrol.

Kamu bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan digital seperti CrediBook untuk membantu mencatat serta mengelola keuangan lebih mudah. Dengan CrediBook, kamu bisa catat uang pemasukan, pengeluaran, hingga menghitung keuntungan secara otomatis. Kamu bahkan bisa mendownload laporan keuangan praktis dalam bentuk PDF.

Yuk mulai kelola keuanganmu lebih baik dengan menggunakan fitur-fitur unggulan di aplikasi CrediBook. Download sekarang di Google Play Store atau klik di sini.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru