logo

5 Alasan Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak

8 Okt 2020

5 Alasan Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak

Menjalani usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Semakin besar ukuran usaha yang ingin kamu mulai, semakin besar pula dana yang kamu butuhkan. Mulai dari biaya sewa tempat, gaji karyawan, biaya operasional, dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang kadang membuat usahawan kesulitan untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka. Tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk mengajukan pinjaman usaha ke berbagai institusi maupun platform finansial. Akan tetapi, tak jarang pengajuan mereka ditolak dengan berbagai alasan.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang berupaya mengajukan pinjaman untuk modal usaha, pelajari 5 hal yang sering menjadi alasan mengapa pengajuan pinjamanmu kerap ditolak.

1. Persyaratan yang Kurang Lengkap

Bagi kamu yang mau mengajukan kredit atau pinjaman modal ke platform pinjaman apapun, pasti terdapat persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi. Untuk itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua syarat dan kriteria sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak pemberi pinjaman. Sebagai gambaran, untuk platform pinjaman online beberapa dokumen yang wajib kamu persiapkan diantaranya Foto KPT, Foto Selfie dengan KTP, dan Foto Tanda Tangan. Harus diingat, kualitas dari foto juga menjadi pertimbangan lho! Jadi pastikan kamu mengambil foto dari dokumen tersebut dengan jelas, tanpa blur ataupun terlalu gelap.

Dengan melengkapi syarat-syarat yang diberikan, proses pengajuan pinjamanmu pasti akan berjalan lebih lancar dan cepat.

2. Kegagalan Verifikasi

Biasanya ada banyak hal yang menyebabkan Verifikasi kamu gagal ketika mengajukan pinjaman. Untuk itu, saat mengisi form pengajuan pinjaman, pastikan kamu mengisi dengan nomor yang aktif ya! Selalu standby, karena pemberi pinjaman biasanya akan melakukan konfirmasi melalui nomor yang kamu daftarkan.

3. Jumlah Pinjaman Tidak Sesuai

Alasan selanjutnya adalah jumlah kredit atau pinjaman yang diajukan terlalu besar. Tentunya, setiap peminjam ingin mengajukan jumlah kredit yang besar dengan harapan dapat membangung usaha dari uang yang didapat tersebut. Namun, setiap pinjaman akan dikenai batasan atau limit tergantung dari jumlah penghasilan atau hal lain. Misalnya, untuk pengajuan pinjaman lewat fitur CrediLoan, batas pengajuan pinjaman hingga 1 Juta rupiah. Jika nominal yang kamu ajukan terlalu besar dan melebihi limit, maka tidak akan diproses alias ditolak.

4. Penipuan atau Fraud

Selanjutnya, yang membuat pengajuan pinjaman ditolak adalah pemalsuan data atau fraud. Memalsukan data diri, dokumen atau informasi lain merupakan kesalahan fatal dalam dunia perkreditan atau perbankan. Oleh sebab itu, jika terbukti palsu, bukan saja satu pihak bank atau lender yang akan menolaknya tapi juga bank bank lain. Nama peminjam yang memalsukan data juga bisa masuk ke dalam Black List, yang artinya, pengajuan apapun di waktu mendatang akan ditolak.

5. Riwayat Kredit yang Buruk

Tahu nggak sih kalau Bank Indonesia (BI) memiliki daftar riwayat peminjaman uang di bank maupun lembaga keuangan non bank? Jadi apabila berdasarkan data BI Checking tersebut kamu dinyatakan punya riwayat kredit buruk. Pinjaman kamu pasti tidak akan dicairkan.

Nah itulah tadi 5 alasan mengapa pengajuan pinjaman modal usaha kamu kerap kali ditolak. Jika pengajuan kredit kamu diterima bank, non-bank, maupun lembaga pembiayaan, baik itu kartu kredit, KTA, KMG, KPR, maupun KKB, bijaklah dalam menggunakannya. Tentunya untuk sesuatu yang produktif, sehingga pinjaman tersebut dapat bermanfaat dan menghasilkan uang.

Selanjutnya usahakan untuk selalu bayar tagihan atau cicilan tepat waktu. Ini adalah cara paling tepat untuk menjaga riwayat kredit tetap bersih dan bagus. Agar pengajuan pinjaman kamu di lain waktu tidak ditolak karena catatan kredit yang buruk.

Bagikan post ini

whatsapp
whatsapp
whatsapp