thumbnail

5 Level Finansial, Kamu Sudah Sampai Mana?

8 Juni 2021

Bebas secara finansial adalah suatu hal yang didambakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, bisa tetap hidup nyaman tanpa harus bersusah payah memikirkan kondisi keuangan.

Saat ini, masih banyak orang berpikir bahwa kebebasan finansial adalah sebuah pencapaian, bagi kamu yang sudah bekerja sedini mungkin, dan pensiun semuda mungkin.

Hal tersebut tidak salah, tetapi kenyataannya kebebasan finansial adalah sebuah proses, yang mana untuk mendapatkannya kamu perlu melewati tahap demi tahap.

Setidaknya terdapat 5 level atau tahapan dalam mewujudkan financial freedom. Apa saja? Simak selengkapnya di artikel berikut ini ya!

Financial Dependence

Di level ini seseorang masih bergantung pada orang lain untuk urusan finansial atau belum bisa menghasilkan pendapatan sendiri.

Buat kamu yang masih berada di level ini, gak perlu khawatir. Karena semua orang, bahkan orang terkaya sekalipun, juga pernah berada di tahap ini.

Tahap Dependence biasanya terjadi waktu kamu masih muda, di mana kamu belum punya kapasitas serta kemampuan untuk menghasilkan uang, sehingga mengandalkan, contohnya, orang tua dalam memenuhi kebutuhan. Misalnya, pelajar dan mahasiswa.

Financial Stability

Pada level ini, kamu bisa dikatakan telah selangkah lebih maju dari financial dependence karena sudah memiliki penghasilan sendiri. Selain itu, orang-orang yang berada di level ini biasanya juga sudah mulai memiliki pengetahuan yang cukup seputar keuangan.

Orang-orang yang berada di level financial stability biasanya memiliki dana darurat yang jumlahnya 3-6 kali lipat dari pengeluaran setiap bulannya, untuk berjaga-jiga jika terjadi hal darurat yang tidak diduga sebelumnya.

Kepemilikan atas asuransi kesehatan juga merupakan ciri-ciri dari orang yang telah berada di financial stability loh, neupeeps. Kok bisa dikatakan begitu? Karena mereka sadar tentang rencana keuangannya sehingga segala risiko yang mungkin terjadi telah dipikirkan dengan baik, salah satunya dengan kepemilikan asuransi kesehatan sebagai bentuk proteksi diri dari biaya medis yang mahal.

Financial Security

Level financial security ditunjukkan dengan kondisi cash flow yang positif. Artinya, jumlah pemasukan yang kamu hasilkan setiap bulannya sudah lebih tinggi dari pengeluaran.

Di level ini, seseorang akan lebih fokus membangun passive income dengan berinvestasi, ataupun menjalankan usaha sampingan. Semua ini, mereka lakukan untuk meningkatkan kekayaan agar dapat memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang.

Financial Freedom

Nah, level yang satu ini mungkin sudah menjadi ungkapan yang sering di dengar di kalangan masyarakat kita. Jika seseorang sudah di tahap ini, artinya mereka sudah bebas secara finansial dan tidak perlu lagi bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan. Hidup dengan bergantung pada penghasilan pasif sudah lebih dari cukup.

Bagi mereka yang berada di level ini, urusan keuangan bukan lagi menjadi prioritas. Mereka akan lebih mementingkan urusan non-finansial seperti kesehatan atau menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

Financial Abundance

Level ini mungkin hanya diisi dari sebagian kecil penduduk dunia. Mereka biasa dikenal dengan sebutan “crazy rich”.

Orang-orang yang ada di level ini sudah memiliki kondisi keuangan yang melimpah ruah. Sangat banyak, sampai mereka bisa bebas untuk memilih gaya hidup seperti apapun yang diinginkan. Kehidupannya pun sudah terjamin untuk jangka yang sangat panjang.

Selain menghabiskan kekayaan untuk diri sendiri, orang-orang di level financial abundance ini juga senang membagikannya kepada yang membutuhkan.

Nah, dari kelima level finansial di atas, PakBos dan BukBos ada di tahap yang mana nih?

Level finansial ini berguna banget buat mengetahui posisi finansial kita agar bisa segera menyusun rencana ke depan dengan lebih tepat. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan digital seperti aplikasi CredIBook untuk mengelola keuangan pribadi maupun usaha.

Dengan CrediBook, kamu bisa mencatat pemasukan & pengeluaran lebih rapi, otomatis hitung keuntungan, serta praktis mendownload laporan keuangan dalam bentuk PDF. Kamu bisa mendownload aplikasi CrediBook secara gratis di Google Play Store atau klik di sini.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru