thumbnail

5 Pebisnis Hebat Dunia Yang Pernah Merasakan Pahitnya Kegagalan

13 Maret 2021

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar nama besar seperti Bill Gates, atau Steve Jobs? Inovasi, karya, atau mungkin harta yang melimpah?

Mungkin memang tampak menakjubkan ketika kita melihat banyaknya pencapaian yang sudah mereka raih. Namun, dibalik itu semua ada banyak pengorbanan dan juga cerita kegagalan yang dirasakan, sebelum akhirnya bisa sampai di titik seperti saat ini. Tidak hanya mereka, berikut 5 pebisnis hebat dunia yang pernah mengalami kegagalan besar.

Kolonel Sanders

Kolonel Sanders.jpg

Nama Kolonel Sanders pasti tidak terdengar asing lagi di telinga kita. Ya, Ia adalah pendiri dari Kentucky Fried Chicken (KFC).

Di umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun. Pertama, sebagai tukang parkir pada usia 15 tahun di New Albany, Indiana dan kemudian menjadi tentara yang dikirim ke Kuba.

Setelah Ia menjadi pensiunan Angkatan Darat Amerika, Ia hanya hidup dari tunjangan hari tuanya. Hari demi hari, uang tunjangan itu semakin menipis. Ia lalu berpikir tentang apa yang dapat Ia lakukan untuk orang lain. Lalu jawaban pertama yang Ia dapatkan adalah menawarkan resep ayam goreng yang Ia punya. Temannya menyukai ayam goreng buatannya, dan Ia berpikir bahwa resep ayam goreng itu juga akan disukai oleh banyak orang.

Akhirnya, di usia 65 tahun, Ia mulai menawarkan resep itu ke restoran-restoran di Amerika. Namun sayangnya, banyak orang-orang yang saat itu malah menertawakan dan menolak resep yang ia tawarkan.

Ia berjuang selama 2 tahun untuk menjelajahi Amerika dengan mobil tua, untuk menawarkan resepnya ke restoran-restoran. Sayangnya, banyak orang-orang yang saat itu malah menertawakan dan menolak resep yang ia tawarkan.

Beliau telah mendengar 1009 kata “Tidak” sebelum akhirnya Ia menerima kata “Ya” dan sukses membangun bisnis waralaba yang paling menguntungkan di seluruh dunia

Steve Jobs

Steve Jobs.jpg

Salah satu keputusan paling berani yang pernah diambil oleh Steve Jobs dalam karirnya adalah memproduksi Apple Lisa. Lisa merupakan komputer canggih yang dirancang oleh Apple di awal tahun 1980-an. Sayangnya, komputer Lisa ini gagal total di pasar. Harga komputer Lisa saat itu dinilai terlalu mahal, sehingga hanya laku sebanyak 10.000 unit saja.

Setelah itu Steve bergabung dengan Macintosh Project, dimana Macintosh dirancang untuk menghasilkan komputer layaknya Lisa dengan harga yang lebih murah.

Namun, ternyata penjualan Macintosh sendiri hanya berhasil di angka 250.000 unit saja. Penjualan yang minim ini, menyebabkan Steve Jobs akhirnya dipecat dari perusahaan Apple Inc. miliknya sendiri.

Akan tetapi, hal ini ternyata tidak membuat Steve menyerah. Ia kemudian menciptakan kembali perusahaan komputer baru bernama Next Inc. Dimana perusahaan tersebut akhirnya berkembang menjadi perusahaan software.

Selain menciptakan perusahaan software, Steve juga mendirikan Pixar Animation yang membawanya kembali menjadi seorang bilioner.

Dua belas tahun setelah keluar dari Apple, Jobs kembali ke perusahaan itu sebagai penasihat. Pria kelahiran San Fransisco, 24 Februari 1955 itu lantas diangkat menjadi CEO menggantikan Gil Amelio. Dialah yang menyelamatkan Apple dari kebangkrutan. Dia menghadirkan iMac, komputer dengan casing warna-warni. Setelah itu menghasilkan produk legendaris seperti iPod yang terjual 100 juta unit dalam waktu empat tahun (bandingkan dengan Walkman Sony yang butuh waktu 15 tahun), iPhone dan iPad.

Bill Gates

Bill Gates.jpg

Semua orang pasti sudah mengenal nama tokoh yang satu ini. Salah satu yang pernah menempati posisi sebagai orang terkaya di dunia ini merupakan pendiri dari microsoft.

Tapi tahukah kamu? Sebelum mendirikan perusahaan microsoft, Bill Gates dan temannya, Paul Allen sempat mendirikan sebuah mesin pemroses data bernama Traf O Data, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengumpulan data.

Sayang sekali usaha yang dijalankan oleh Bill dan Paul ini gagal serta mengalami kerugian. Walau begitu Bill dan Paul tidak menyerah. Mereka membuat sebuah perusahaan komputer Microsoft yang sekarang sudah banyak dikenal dan digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia. Pengalaman gagal itu mereka jadikan pelajaran dalam membentuk bisnis selanjutnya.

"Jika bukan karena usaha Traf-O-Data kami dan jika bukan karena semua waktu yang dihabiskan untuk komputer, kamu dapat berargumen bahwa bahwa Microsoft mungkin tidak akan pernah ada," ungkap Paul Allen.

“Pengalaman ini benar-benar menjadi dasar bagi kesuksesan kami dalam bidang teknologi,” tambahnya.

Sir James Dyson

thetimes.jpg

Banyak orang yang mungkin tidak familiar dengan nama tokoh yang satu ini. Sir James Dyson adalah pencipta brandvacuum cleaner The Dyson yang terkenal awet pemakaiannya. Namun, sebelum penemuannya sukses, tahukah kalian seberapa banyak kegagalan yang dialami oleh James?

Pada usia 30, James pernah menciptakan vacuum bernama Hoover, dimana vacuum ini mengalami kegagalan produk. Semakin lama digunakan maka daya hisap mesin vacuum ini akan semakin melemah. Akhirnya James mencoba sebanyak lebih dari 5000 kali agar bisa menemukan perpaduan yang tepat supaya vacuum tersebut memiliki daya hisap yang selalu kuat. Setelah berhasil, James harus menghadapi tantangan dalam menawarkan produk ke distributor di Inggris.

Para distributor tidak ingin mengambil resiko dengan mencoba mesin jenis baru. Kemudian James pun membawa penemuannya memasuki pasaran di Jepang. Hal ini membawa keberhasilan bagi james, dimana dia mendapatkan penghargaan industrial serta akhirnya Amerika mengeluarkan hak paten untuk mesin vacuum ciptaannya.

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey.jpg

Siapa yang tak pernah mendengar nama Oprah Winfrey? Seorang selebriti dan pengusaha Amerika Serikat yang namanya melambung setelah membawakan sebuah acara bincang-bincang yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show.

Oprah bisa menjadi inspirasi besar bagi para pria dan wanita di seluruh belahan dunia. Dia telah merintis karirnya selama kurang lebih 30 tahun lamanya.

Namun siapa sangka, Oprah yang saat ini sukses dan dikenal lewat layar kaca, sempat dikeluarkan dari pekerjaannya sebagai pembawa berita karena dianggap 'tidak cocok untuk industri TV'.

Di tahun 1983, Oprah dipercaya untuk menjadi tuan rumah talk show dengan rating rendah di stasiun lokal bernama AM Chicago. Dalam beberapa bulan, acara itu mendapat rating yang baik, melebihi Donahue, yang merupakan acara nomor satu pada saat itu. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan acara The Oprah Winfrey Show terkenal hingga ke seluruh negeri.

Bagaimana kisah-kisah di atas, sangat menginspirasi bukan?

Sebuah pepatah mengatakan, jika kegagalan itu adalah sukses yang tertunda. Jadi apapun kendala, tantangan, dan kegagalan yang mungkin kamu alami hari ini, jangan berhenti untuk bangkit dan berjuang lagi. Semangat!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru