thumbnail

5 Strategi Sukses untuk Memenangkan Persaingan Bisnis UMKM

25 Mei 2021

Memiliki bisnis yang sukses memang tidaklah mudah. Dalam menjalankan suatu bisnis, kita pasti akan dihadapkan dengan yang namanya persaingan. Persaingan bisnis merupakan suatu kompetisi antara para pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, serta jumlah penjualan yang tinggi atas produk yang biasanya serupa.

Sebagai bisnis yang sedang berkembang, para pelaku bisnis UMKM membutuhkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi sukses yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu.

Perkuat Brand yang Dimiliki

Branding merupakan upaya membangun identitas dari produk yang dimiliki. Identitas di sini bisa berupa nama, logo, atau ciri khas, dan lainnya yang bisa membedakan produk kita dengan kompetitor. Ciri khas inilah yang nantinya akan menjadi daya tarik dan ingatan yang mengikat pada konsumen terhadap brand tersebut.

Meskipun bisnis kamu masih dalam skala kecil, branding tetaplah sesuatu yang penting untuk kamu perhatikan. Dengan memperkuat nama brand, bisnis kamu akan lebih mudah dikenali dan berpotensi untuk memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Setelah produk kamu dikenal oleh masyarakat luas, keuntungan akan datang dengan sendirinya.

Kenali Kompetitor

Agar bisnis kamu mampu bersaing di pasar, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah mengalahkan kompetitor bisnis. Pahami kelebihan dan kelemahan kompetitor bisnis kamu, pelajari, dan jadikan referensi kamu dalam menentukan langkah bisnis. Kamu juga bisa menggunakan data yang diperoleh sebagai bahan evaluasi terhadap produk yang akan kamu tawarkan.

Pada dasarnya, amati, tiru, dan modifikasi. Adaptasi hal-hal baik yang kamu amati, lalu belajar dari hal-hal buruk yang kamu temui dari kompetitor.

Lakukan Promosi yang Aktif dan Efektif

Promosi adalah ujung tombak dari kesuksesan bisnis kamu. Tanpa adanya promosi, produk yang kamu tawarkan tidak mungkin bisa dikenal oleh masyarakat. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang kamu jalani, maka semakin besar pula peluang keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Oleh karena itu, gunakanlah strategi promosi yang efektif, misalnya dengan memanfaatkan berbagai channel sosial media, menjalankan paid promote, digital ads, dll.

Kenali Kebiasaan Konsumen

Kamu pasti sudah familiar dengan istilah konsumen adalah raja bukan? Keberadaan konsumen lah yang membuat bisnis kamu dapat terus bertahan. Untuk itu, penting bagi kamu mengenali karakter dan kebiasaan dari konsumen agar mampu memberikan pelayanan terbaik.

Dengan mempelajari kebiasaan mereka, maka secara tidak langsung kamu bisa merangkul konsumen menjadi lebih erat, sehingga konsumen bisa menjadi lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama.

Manfaatkan Platform Digital

Belajar dari pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020, perubahan tidak hanya dirasakan dari sisi pelaku usaha saja, pelanggan pun juga mengalami pergeseran kebiasaan. Misalnya, dari yang tadinya berbelanja secara langsung di mall, pasar, ataupun toko fisik, kini beralih ke platform online.

Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah transaksi jual beli di e-commerce meningkat hampir dua kali lipat di tengah pandemi covid-19. Jumlahnya melonjak dari yang tadinya 80 juta transaksi di 2019 menjadi 140 juta transaksi sampai Agustus 2020. Angka yang cukup fantastis bukan?

Hal inilah kemudian yang menimbulkan urgensi di kalangan pelaku UMKM untuk segera memasarkan produk secara online. Setidaknya, melalui platform e-commerce dan sosial media yang ada. Dengan media sosial, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, sehingga dapat terjalin hubungan yang baik.

Tidak hanya dalam memasarkan produk, kamu juga bisa memanfaatkan platform digital seperti aplikasi CrediBook, guna mengelola keuangan usaha. Mulai dari catat penjualan, otomatis hitung keuntungan, sampai download laporan keuangan. Semua bisa kamu lakukan dengan praktis dalam satu aplikasi. Kamu bisa mendownload aplikasi CrediBook di Google Play Store atau klik di sini.

Menghadapi situasi bisnis yang ketat, memang membutuhkan strategi jitu yang bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pasar. 5 strategi di atas bisa kamu terapkan dalam guna memenangkan persaingan bisnis UMKM. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru