thumbnail

5 Tips Management Utang Perusahaan Agar Lebih Efisien

4 Mei 2020

Tips management utang - Utang adalah salah satu sumber penghidupan dalam sebuah bisnis atau usaha. Untuk memulai sebuah bisnis ataupun mengembangkan sebuah bisnis, pengusaha biasanya mengandalkan utang. Mengambil pinjaman untuk keperluan pengembangan bisnis adalah sesuatu yang lumrah. Akan tetapi, Anda tidak dapat melakukannya secara sembarangan. Memerlukan perhitungan dan juga pengelolaan yang baik agar utang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan serta tidak mempengaruhi keberlangsungan usaha. Untuk membantu pengelolaan utang pada perusahaan Anda, berikut tips yang dapat Anda terapkan.

1. Membuat Perencanaan Matang

Sebelum mengajukan pinjaman atau utang ke bank, ada baiknya Anda membuat perencanaan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda melakukan pengajuan pinjaman tanpa tujuan yang jelas. Hal ini dapat berbahaya bagi finansial perusahaan Anda. Tentukan tujuan dari utang. Pastikan akan dipergunakan untuk apa dana pinjaman tersebut. Jangan lupa untuk mencatat setiap kebutuhan tersebut secara rinci. Poin ini juga akan sangat membantu Anda ketika menjelaskan kepada penyedia pinjaman mengenai tujuan utang serta kemampuan perusahaan Anda dalam membayar utang.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips management utang yang kedua adalah sesuaikan utang dengan kebutuhan. Perencanaan dan juga pencatatan kebutuhan utang yang sebelumnya, akan sangat membantu Anda dalam menyesuaikan jumlah pinjaman yang diperlukan dengan kebutuhan perusahaan. Apabila nominal utang yang diperlukan sudah diketahui, selanjutnya Anda perlu menentukan jenis utang yang akan Anda ambil, apakah utang jangka panjang atau pendek. Hal ini nantinya akan sangat mempengaruhi sirkulasi utang dalam perusahaan. Pastikan jenis utang Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kemudian, ketika dana pinjaman sudah keluar, pastikan penggunaannya juga sesuai dengan kebutuhan yang sebelumnya telah direncanakan.

3. Hitung Seluruh Jumlah Utang

Agar perusahaan Anda tidak memiliki beban utang yang besar, Anda perlu memastikan berapa jumlah utang yang ditanggung perusahaan saat ini. Kumpulkan semua dan catat secara rapi dengan menuliskan tanggal jatuh tempo dari setiap cicilan hutang. Kemudian, tentukan berapa jumlah utang yang harus perusahaan bayarkan setiap bulannya. Jangan sampai rasio utang dengan aset lebih dari 5:3. Apabila jumlah utang Anda sudah berada pada angka itu, sebaiknya Anda tidak lagi mengajukan pinjaman utang.

4. Membayar Utang Tepat Waktu

Setelah menghitung jumlah utang yang harus dibayar serta mencatat tanggal jatuh tempo utang, langkah selanjutnya adalah membayar utang dengan tepat waktu. Pastikan Anda tidak terlambat dalam membayar utang, agar Anda tidak dibebani bunga ataupun denda keterlambatan bayar. Hal yang perlu Anda catat, hindari membayar utang perusahaan dengan menggunakan utang yang lainnya. Hal ini tentunya dapat menambah beban baru bagi perusahaan.

5. Membuat Pembukuan yang Rapi

Hal yang paling penting dalam pengelolaan utang perusahaan adalah pembukuan. Pembukuan sendiri adalah sebuah proses pengumpulan, pencatatan, serta pengelolaan data informasi keuangan perusahaan secara sistematis. Pastikan perusahaan Anda memiliki sistem pembukuan yang rapi. Melalui pembukuan ini, Anda dapat melakukan monitoring terhadap kondisi perusahaan. Laporan pembukuan dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang berhubungan dengan perusahaan Anda.

Demikianlah lima tips management utang pada perusahaan yang perlu Anda ketahui. Untuk membuat pembukuan utang dan piutang rapi, Anda dapat memanfaatkan bantuan teknologi CrediBook. Aplikasi pencatat utang piutang, dapat membantu untuk meminimalisasi resiko kelalaian dalam pencatatan yang dilakukan apabila menggunakan sistem manual. Selain itu, Anda dapat melakukan pencatatan, pemeriksaan laporan kapanpun dan juga di manapun. Ketika sudah tiba waktunya, pembayaran, aplikasi ini akan memberikan pengingat, sehingga Anda tidak akan terlambat dalam membayar tagihan.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru