thumbnail

5 Tips Supaya Jualan Laris Manis Lewat WhatsApp [Terbaru-2021]

8 Februari 2021

Siapa sih yang jaman sekarang gak punya WhatsApp? Memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, menjadikan whatsapp sebagai aplikasi pengirim pesan paling populer di dunia.

Selain untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan suara maupun video, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menawarkan produk dan berinteraksi dengan pelanggan lho. Tidak sedikit dari pelaku usaha konvensional yang kini mulai beralih menggunakan WhatsApp sebagai salah satu media mereka untuk berjualan.

Meskipun begitu, memanfaatkan WhatsApp untuk usaha tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan beberapa upaya tertentu agar hasilnya bisa maksimal. Untuk itu, melalui artikel ini kami akan membahas beberapa tips supaya jualan kamu bisa laris manis lewat WhatsApp.

Perbanyak Jumlah Kontak

Kamu pernah dengar rumus 10:3:1?

Dalam rumus itu dijelaskan bahwa dari 10 orang yang kamu tawarkan produk, mungkin hanya akan ada 3 orang yang tertarik, lalu hanya 1 orang yang akan melakukan pembelian. Artinya, semakin banyak kontak yang kamu punya, maka akan semakin tinggi potensi penjualan yang bisa kamu dapatkan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah kontak adalah dengan mengikuti banyak grup WA dan aktif berbagi dan berinteraksi di sana. Selain mendapatkan kontak, kamu juga bisa meningkatkan awareness ataupun penjualan produk lewat grup yang kamu ikuti.

Gunakan Broadcast Message

Salah satu fitur yang menarik dari WhatsApp yang bisa kamu manfaatkan untuk usaha adalah fitur broadcast message. Dengan fitur ini, kamu bisa mengirimkan pesan ataupun penawaran produk ke banyak kontak sekaligus.

Tapi perlu diingat, kamu harus hati-hati dalam menjalankan trik whatsapp yang satu ini. Pastikan tidak mengganggu dan berlebihan.

  • Tips #1 Buat broadcast list sesuai ketertarikan contact akan produk tertentu. Contoh, buat broadcast list orang-orang yang suka sepatu, jilbab, gamis, dll.
  • Tips #2 Setiap 1 iklan yang di broadcast, usahakan didahului dengan 3-4 materi pesan yang bermanfaat seperti tips, DIY, dan Ilmu Terapan.

Fast Response

Salah satu kelebihan dari berjualan di WhatsApp adalah kamu dapat membangun interaksi yang lebih personal ke pelanggan. Hal ini berpotensi untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan membuat mereka selalu setia kepada produk yang kamu jual.

Usahakan untuk membalas pesan dari calon pembeli maksimal 30 menit.

Ibarat gebetan, calon pembeli juga butuh kepastian. Kalau kamu response nya lama, bisa-bisa dia pindah ke lain hati alias lain pembeli.

Manfaatkan WhatsApp Story

Fitur yang satu ini semakin hari semakin digandrungi pelaku olshop karena potensinya yang sangat menjanjikan.

Sebagai pelaku usaha, kamu bisa menggunakan fitur WA story untuk memposting Product Update, Limited Offer, Diskon Terbatas, Info-info Komunitas, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk gunakan, font, design, dan warna gambar yang menarik perhatian.

Bagikan Link Toko

Guna mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian, kamu bisa membagikan link toko atau produk katalogmu lewat pesan.

Apabila belum memiliki toko online, kamu bisa memanfaatkan platform Jooalan. Dengan aplikasi Jooalan, kamu bisa membuat bisnismu online, membagikan link toko/produk, dan memantau penjualan lebih praktis.

Yang lebih menariknya lagi, aplikasi Jooalan ini bisa kamu gunakan 100% Gratis lho! Kamu cukup daftar di aplikasi Jooalan dengan nomor HP, tambahkan produk, lalu bagikan link unik ke pelanggan. Dengan begitu, mereka bisa langsung membuat pesanan dengan lebih cepat dan mudah.

Itulah tadi 5 tips supaya jualan usaha kamu laris manis lewat WhatsApp. Untuk dapat mengimbangi keinginan, kebiasaan, dan selera pelanggan masa kini, kamu harus cepat beradaptasi dengan segala teknologi digital terbaru. Melakukan penjualan lewat WhatsApp menjadi salah satu langkah tepat untuk beradaptasi dan menjalankan usaha lebih baik. Selamat Mencoba!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru