thumbnail

5 Usaha Ini Tumbuh Lebih Dari 100% saat Pandemi. Apakah Usahamu Salah Satunya?

3 Agustus 2020

Fenomena pandemi menyebabkan pengaruh yang nyata bagi industri ekonomi dan wirausaha. Banyak dari bisnis yang harus berinovasi untuk tetap bertahan dari gulung tikar.

Namun, di sisi lain ada bisnis yang bisa tetap bertahan dengan stabil dan bahkan menjadi lebih makmur karena tingkat permintaan yang tinggi selama pandemi.

Banyak hal yang berpengaruh pada tingkat permintaan, misalnya karena faktor kebutuhan masyarakat/tingkat prioritas, akses pembelian dan pembatasan sosial berskala besar yang diterapkan oleh pemerintah.

Berikut ini adalah bisnis - bisnis yang tumbuh saat pandemi, bahkan ada yang mencapai lebih dari 100%. Nah, apakah diantaranya ada bisnis Anda?

Pulsa dan Produk Digital

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masyarakat menyebabkan aktivitas di rumah menjadi lebih dominan. Untuk mengusir rasa bosan dan suntuk, masyarakat cenderung menghibur diri dengan berselancar di internet atau menonton media hiburan seperti Netflix.

Tingginya demand untuk pulsa, paket data, dan token listrik tentu berimbas pada penjualan produk - produk digital prabayar tersebut. Menurut data CNN Indonesia, adanya peningkatan 13% untuk penggunaan internet dari rumah.

Logistik

Delivery service naik hingga 80% volume pengiriman, seiring dengan aktivitas masyarakat berbelanja online. Hal ini sangat menguntungkan bagi pihak logistik.

Kecenderungan masyarakat melakukan aktivitas belanja online di e-commerce dan online shop membuat jasa logistik kebanjiran untung.

Minuman Siap Saji

Produk minuman siap saji seperti es kopi, jamu dan minuman boba cukup meningkat permintaannya. Peningkatan itu mencapai 80%.

Hal ini dikutip dari katadata.com, kumparan, CNN Indonesia dan Republika.com, yang menjelaskan bahwa adanya peningkatan dalam pembelian produk minuman cepat saji.

Kebiasaan masyarakat Indonesia untuk jajan minuman siap saji membuat aktivitas belanja tersebut pindah ke transaksi secara online.

Buah, Sayur dan Sembako

20% penjualan buah, sayur dan sembako secara online meningkat. Hal ini karena masyarakat masih menjaga - jaga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Layanan pembelian buah, sayur dan sembako online menjadi pilihan masyarakat untuk mengurangi dampak penyebaran pandemi. Selain itu ini juga merupakan imbas dari PSSB yang diterapkan pemerintah.

Frozen Food

Frozen food dan makanan siap saji naik hingga 100% selama pandemi. Hal ini dikutip dari katadata.com, kumparan, CNN Indonesia dan Republika.com.

Hal yang menyebabkan masyarakat mempunyai demand terhadap frozen food dan makanan siap saji karena adanya pembatasan untuk makan di dalam resto. Kebijakan pemerintah yang tidak memperbolehkan masyarakat makan di tempat selama PSBB menyebabkan restoran hanya melayani layanan delivery.

Beberapa restoran dan bisnis kuliner juga memanfaatkan frozen food sebagai produk mereka. Adanya seruan kepada masyarakat tentang #DiRumahAja menyebabkan aktivitas memasak lebih sering dilakukan, sehingga demand frozen food menjadi tinggi.

Lalu, apakah bisnis Anda termasuk dalam 5 bisnis di atas yang mengalami keuntungan berlipat selama pandemi? Silakan bagikan artikel ini dan jangan lupa untuk ikuti Instagram CrediBook di sini, atau Facebook di sini dan blog CrediBook di sini untuk mendapatkan informasi - informasi menarik lainnya!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru