thumbnail

7 Cara Kreatif dalam Melakukan Pemasaran Bisnis Tanpa Biaya, Alias Gratis!

27 November 2020

Bagi para usahawan, pasti sadar betapa pentingnya strategi marketing dalam menjalankan bisnis mereka. Tidak hanya berperan untuk meningkatkan awareness, dengan strategi pemasaran yang tepat juga bisa meningkatkan penjualan produk lho!

Tapi bagi pelaku Usaha kecil hingga menengah (UMKM), biasanya beroperasi dengan biaya pemasaran yang terbatas. Hal inilah yang sering menjadi kendala mereka di dalam menjangkau audience atau calon konsumen yang lebih luas.

Buat kamu para pelaku UMKM ataupun bisnis lainnya, mungkin beberapa tips dalam artikel ini bisa jadi solusi. Yuk, simak Cara Kreatif dalam Melakukan Pemasaran Bisnis dibawah ini.

Buat Konten di TikTok

Saat ini, TikTok sudah menjadi aplikasi fenomenal dan telah diunduh oleh lebih dari 2 miliar pengguna dari berbagai kalangan. Pada Pada kuartal I-2020, TikTok pun berhasil menembus jumlah unduhan tertinggi di antara kuartal-kuartal sebelumnya yakni mencapai 315 juta unduhan, baik di App Store maupun Google Play. Sampai sini udah kebayang belum seberapa besar potensi TikTok di dalam memperkenalkan bisnis atau produk kita kepada khalayak luas?

Tidak hanya dari segi pengguna, algoritma yang dimiliki TikTok juga sedikit berbeda dibandingkan platform media online lainnya. Kamu tidak harus memiliki banyak followers agar konten mu dapat menjangkau banyak orang. Hal ini dikarenakan TikTok memiliki halaman rekomendasi “For You Page” atau FYP. Dengan kata lain, FYP merupakan deretan video-video yang sedang populer di TikTok. Salah satu indikatornya adalah interest dan jumlah penonton. Jika video pengguna berhasil masuk ke dalam FYP, potensi untuk menjadi viral akan semakin tinggi.

Cukup tentukan interest atau kategori konten akun bisnis kamu, lalu bagikan secara rutin. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan musik yang sedang populer, perhatikan caption, hingga hastag yang kamu gunakan ya!

Gabung dan Turut Aktif dalam Grup atau Forum Online

Gunakan forum dan grup media sosial tertentu untuk melakukan pemasaran bisnismu. Kamu tidak perlu menjual atau terus-menerus berbicara tentang bisnis secara agresif. Cukup dengan ikut dalam percakapan yang relevan dengan kegiatan bisnis kamu dapat mendatangkan calon pelanggan potensial bagi bisnis. Beberapa platform yang cukup ramai dengan grup dan forum online seperti ini adalah Facebook, LinkedIn, dan juga Telegram. Platform-platform tersebut bisa menjadi tempat yang tepat untuk menerapkan strategi ini.

Kolaborasi dengan Komunitas Lokal

Community marketing, atau komunitas marketing merupakan salah satu bauran pemasaran yang dikenal dengan Place dalam 4P (product, price, place, promotion). Cara tersebut terbilang sangat efektif dalam menguatkan brand awareness. Dan merupakan jalan cepat untuk menciptakan brand loyalty yang mungkin saja bisa menghasilkan penjualan langsung dari aktivitas pemasaran komunitas tersebut. Ketika orang-orang memiliki persepsi positif tentang bisnis kamu, mereka akan merekomendasikan produk kamu kepada orang lain–bisa dibilang, teknik Word-of-Mouth teraplikasikan di sini.

Sebagai UMKM, kamu mungkin bisa mulai dengan mensponsori acara sekolah atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kampus-kampus tertentu. Menjadi relawan bagi komunitas-komunitas tersebut menjadi alasan penting untuk meningkatkan nilai bisnis sekaligus pemasaran atau pengiklanan gratis.

Bagikan Press Release ke Koran Lokal

Jika kamu memiliki informasi yang menarik dan layak diberitakan maka tidak ada salahnya untuk menyebarkan informasi tersebut ke khalayak luas! Kirim Press Release bisnis kamu ke koran-koran lokal. Biasanya, koran-koran lokal akan menawarkan space iklan secara gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Selain mengangkat konten seputar produk, kamu juga bisa menuliskan aktivitas bisnis, pengalaman, dan lain sebagainya.

Rutin Blogging

Meskipun saat ini sudah banyak marketing tools yang bisa kamu gunakan, ada satu platform yang sudah lama digunakan, namun terbukti ampuh untuk menjangkau audience di dunia maya. Platform itu adalah blog.

Ada beberapa alasan kenapa blog masih menjadi platform efektif dalam melakukan content marketing, diantaranya untuk Memperkuat SEO atau Search Engine Optimization. Selain itu, blogging juga dapat membantu memperkuat kredibilitas serta memahami audience melalui feedback yang diberikan.

Riding the Trends

Bisa dibilang di era yang saat ini, selalu ada tren baru yang hadir setiap harinya bahkan dalam hitungan jam sekalipun. Dan tren baru ini juga kerap kali menarik perhatian masyarakat luas. Karena hal tersebut pula, para pelaku usaha perlu untuk mengikuti tren yang sedang berkembang agar tetap up-to-date dan meningkatkan peluang untuk disadari keberadaannya oleh sasaran audiens mereka.

Masih ingat kursi kosong nya mba Najwa Shihab?

Setelah wawancara mba Najwa dengan kursi kosong viral di internet, ada banyak sekali brand dan pelaku usaha yang membuat meme serta campaign kreatif dari trend tersebut.

Hal ini adalah salah satu gambaran dari strategi riding the trends. Dengan merespon suatu trend yang sedang ramai, kamu bisa membuat suatu campaign yang kreatif dan mampu menarik audience lebih luas lagi.

Sebagai catatan, strategi ini tidak hanya bisa kamu terapkan di media online lho. Kamu juga bisa mengaplikasikan strategi ini di media offline seperti baliho bahkan koran! Kunci nya adalah peka terhadap tren serta temukan cara kreatif untuk mengadaptasikan nya ke brand/produk kamu.

Mengadakan Giveaway di Media Sosial

Cara yang satu ini memang tidaklah gratis, tapi dengan feedback yang mungkin kamu dapat, aktivitas satu ini sangat layak untuk dicoba!

Hadiah giveaway atau kontes yang kamu buat di media sosial seperti Instagram atau TikTok akan menghasilkan kegembiraan bagi audience-mu. Kamu bahkan bisa meminta followers-mu untuk menandai atau memberikan tag ke orang lain sebagai salah satu syarat kontes yang dibuat. Mereka yang ikut kontes secara otomatis akan mengaplikasikan Word-of-Mouth dengan membagikan Tag media sosial bisnis kamu ke keluarga atau sahabat-sahabat mereka.

Kamu tidak harus memberikan hadiah dengan nominal besar untuk menarik partisipan. Buatlah aktivitas yang menarik dengan syarat yang jelas dan tidak menyusahkan, niscaya akan banyak audience di media sosial yang ikutan.

Itulah tadi 7 Cara Kreatif dalam Melakukan Pemasaran Bisnis Tanpa Biaya yang bisa kamu coba. Dengan strategi marketing yang tepat, kamu bisa menjalankan pemasaran produk dengan biaya yang minim sekalipun. Jadi udah gak ada alasan bagi kamu tidak melakukan pemasaran usaha. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru