thumbnail

7 Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Lewat Instagram

29 April 2021

Instagram adalah salah satu media sosial paling populer di dunia. Dalam 1 bulan, ada 1 milyar pengguna Instagram yang aktif di seluruh dunia. Pengguna Instagram di Indonesia sendiri mencapai lebih dari 69 juta orang. Angka tersebut menunjukkan betapa besarnya potensi berjualan di Instagram.

Namun, berjualan di media sosial tidak sekadar mem-posting foto produk atau testimoni saja. Ada trik-trik sederhana yang bisa dilakukan agar bisnismu semakin berkembang ketika menggunakan Instagram. Untuk itu, simak 7 cara meningkatkan penjualan usaha lewat Instagram berikut ini.

1. Menggunakan Profil Bisnis

Setelah membuat akun Instagram, segera ubah akun tersebut menjadi profil bisnis. Jika diubah menjadi profil bisnis, kamu dapat melakukan pengukuran terhadap posting-an di Instagram. Kamu dapat melihat apakah ada pertumbuhan atau penurunan follower, postingan mana yang disukai, apa tindakan yang dilakukan follower, dan lain sebagainya.

2. Mengisi Bio dengan Kalimat yang Tepat

Isi bio akunmu dengan kalimat yang benar-benar menjelaskan apa isi atau tujuanmu membuat akun. Misalnya produk yang kamu jual adalah makanan. Kamu bisa menulis bio seperti ini, “Sedia lauk matang dan camilan. Pesan antar gratis 24 jam.” Letakkan alamat dan informasi kontak agar pelanggan mudah menghubungi atau mencarimu.

Selain bio, hal pertama yang dilihat oleh pengunjung akunmu adalah highlight. Manfaatkan fitur ini dengan memposting informasi di balik layar mengenai tokomu. Contohnya testimoni pembeli, cara pemesanan, proses produksi, hingga pengiriman barang.

3. Rajin Posting

Posting-lah konten secara berkala. Hindari menjadikan akun Instagram sebagai katalog produk saja. Maksimalkan konten di dalamnya agar terlihat menarik, contohnya dengan memberikan konten yang edukatif dan menghibur. Posting-an tidak harus selalu berisi foto produk dan dengan caption hard selling.

Pastikan menggunakan template agar tiap posting-an memiliki satu kesatuan. Pilih warna yang menjadi tema akunmu. Pilih juga font-nya. Berikan watermark agar gambar atau videomu tidak dicuri akun lain. Lakukan percobaan dengan berbagai macam jenis postingan untuk mengetahui selera market.

4. Berinteraksi dengan Audiens

Setiap kali ada follower baru, kamu bisa menyambutnya dengan menyapa lewat DM. Kalau hal ini sulit dilakukan karena pertumbuhan follower cepat dan tinggi, kamu bisa melakukan hal lain. Misalnya dengan memberi like pada postnya dan memberikan komentar yang tulus. Pilih saja akun follower secara random dan berinteraksi dengannya.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan follower dari akun kompetitor. Audiens juga bisa kamu dapatkan dari fitur pencarian lokasi di Instagram. Contohnya bila kamu menjual produk di Jabodetabek, gunakan fitur lokasi untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada di wilayah tersebut.

5. Memanfaatkan Hashtag

Kalau kamu minim modal untuk beriklan, hashtag adalah cara terbaik mempromosikan akunmu. Perhatikan akun kompetitor dan lihat hashtag yang mereka gunakan. Pelajari cara untuk memaksimalkan penggunaan hashtag. Selain hashtag yang menunjukkan barang yang dijual, kamu juga bisa memanfaatkan hashtag layaknya fitur lokasi. Misalnya #jualnasikuningjakarta atau #jualrawonsetansurabaya.

6. Kolaborasi

Kamu bisa, loh, berkolaborasi dengan online shop lainnya untuk saling mempromosikan dagangan. Bahkan kamu juga bisa berkolaborasi dengan kompetitor. Hal ini bisa dilakukan dengan menjual paket bundling, saling repost dan tag, hingga saling mention.

7. Membuat Promo Menarik

Contohnya dengan membuat promo di tanggal cantik atau tanggal merah. Manfaatkan harga coret dan siapkan paket atau bundling menarik. Bisa juga memberi diskon di tiap awal bulan ketika pelanggan baru gajian.

Manfaatkan ketujuh trik simpel ini dengan baik dan buktikan sendiri manfaatnya.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aspek keuangan usahamu. Hal ini supaya usaha yang kamu jalankan bisa terus maju dan berkembang untuk jangka panjang. Gunakan aplikasi catatan keuangan digital seperti CrediBook untuk mempermudah proses pembukuan usaha. Mulai dari catat penjualan dan pengeluaran, kelola transaksi utang-piutang, hingga download laporan keuangan dalam bentuk PDF.

Sangat membantu bukan? Yuk, download aplikasi CrediBook di Google Play Store sekarang atau klik di sini!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru