thumbnail

7 Ide Bisnis Minuman Berpotensi Cuan Saat Ramadan

19 April 2021

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Tidak hanya menjalankan puasa, kamu bisa menerima anugerah dari perbuatan baik lain, seperti bersedekah, mengaji, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, momen puasa juga kerap kali dimanfaatkan banyak orang untuk mulai mencoba membuka usaha. Jika dulu pasar mulai ramai dengan penjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa, saat ini mungkin orang-orang memilih untuk pesan secara online, dikarenakan pandemi yang masih terjadi.

Dengan banyaknya wadah untuk berjualan seperti e-commerce hingga media sosial, tidak ada salahnya kamu juga ikut mencoba membuka di bulan puasa.

Ada banyak bisnis yang bisa kamu lakukan, loh. Salah satunya adalah minuman manis dan dingin yang selalu menjadi favorit di kala berbuka. Kalau jual es buah atau kolak pisang itu sudah biasa. Yuk, berinovasi dengan menjual sesuatu yang baru.

Berikut ini adalah 7 ide bisnis minuman yang berpotensi menghasilkan cuan saat Ramadan.

1. Susu Kurma

Kurma adalah salah satu menu yang disunnahkan untuk berbuka. Karena itu, kurma laris manis di bulan puasa. Salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan adalah menjual susu kurma botolan. Kurma medjool atau sukari diblender bersama susu sapi hingga halus. Untuk membuat variasi rasa dapat ditambahkan kayu manis, jahe, yogurt, atau pisang.

2. Susu Jeli

Sesuai namanya, susu jeli adalah susu beraneka rasa dengan tambahan jeli warna-warni. Jelinya sendiri dapat disajikan dalam dua bentuk yaitu kotak-kotak atau panjang seperti cacing. Agar menambah rasa, susu dapat ditambahkan dengan potongan buah atau perisa buah. Susu jeli ini banyak digemari oleh anak-anak karena rasa dan warnanya.

3. Kopi Susu

Popularitas kopi susu, selalu ada peminatnya. Bahkan kini toko-toko yang menjual es kopi sudah menjualnya dalam porsi literan. Bila dijual dalam porsi sekali minum isinya bisa divariasikan dengan jeli, cincau, atau biskuit. Kamu juga bisa menjual es kopi yang sama, tapi dengan harga lebih murah. Usahakan menggunakan biji kopi dari petani lokal.

4. Susu Sereal

Sebenarnya susu sereal sudah dikenal sejak 2008. Namun, akhir-akhir ini menjadi tren kembali. Susu sereal adalah sereal yang direndam dalam susu sehingga rasanya gurih. Tentu volume susu jauh lebih banyak dibanding serealnya. Sebagai tambahan perasa, kamu dapat memasukkan brown sugar dan garam. Untuk variasi kamu dapat menggunakan sereal yang beragam jenisnya seperti sereal madu, sereal coklat, dan sereal jagung.

5. Susu Buah

Susu buah adalah resep khas Korea Selatan. Caranya dengan membuat selai buah dari buah asli dan gula kemudian dicampurkan susu. Ada dua buah yang biasanya digunakan sebagai campuran yaitu pisang dan stroberi. Pertama, stroberi ditambah dengan gula dan dimasak di atas api kecil hingga mengental seperti selai. Setelah kekentalannya cukup, selai ini dimasukkan ke dalam botol lalu dicampur susu.

6. Susu Yakult

Susu yakult adalah salah satu menu populer di berbagai restoran di Indonesia. Agar berbeda dengan produk susu yakult lainnya, kamu dapat menambahkan soda atau buah-buahan sesuai selera. Bila ingin rasa asamnya semakin kuat, dapat ditambahkan perasan lemon.

7. Susu Nabati

Bagi pegiat hidup sehat, susu nabati menjadi pilihan utama dalam menu sehari-hari. Contohnya adalah susu kacang kedelai, susu kacang almond, susu kacang mede, hingga susu oat. Rasanya memang sedikit berbeda dengan susu sapi. Namun, bagi para penikmatnya susu nabati ini sangat digemari karena dianggap rendah kalori. Selain itu konsumsi susu nabati dianggap lebih ramah lingkungan dibanding susu sapi.

Setelah menyiapkan bahan baku, hal lain yang perlu dipersiapkan adalah kemasannya. Botol plastik bening dengan ukuran 250 ml paling murah dibanderol 500 rupiah per buah. Jumlahkan dengan biaya produksi untuk menetapkan harga. Penjualan bisa dilakukan di depan rumah, di pinggir jalan, atau dengan sistem pesan antar lewat ojek online.

Nah, itulah tadi 7 ide bisnis minuman yang berpotensi cuan saat Ramadan. Kamu tertarik mencoba ide yang mana nih?

Agar bisnismu semakin berkembang, jangan lupa untuk selalu perhatikan aspek keuangan nya ya! Buatlah pembukuan usaha yang rapi dan lengkap. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan aplikasi CrediBook untuk mencatat penjualan, otomatis hitung keuntungan, hingga download laporan keuangan. Semua bisa kamu lakukan dalam satu aplikasi.

Gimana, kelola keuangan usaha jadi lebih gampang bukan? Yuk, download aplikasi CrediBook sekarang dan nikmati berbagai fitur unggulan nya!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru