thumbnail

7 Ide Usaha Baru dengan Modal Kecil di Tahun 2021

15 Desember 2020

Pandemi virus COVID-19 yang terjadi di tahun 2020 ini, memberikan kita banyak sekali pelajaran berharga. Membuat kita dipaksa untuk lebih bijak, khususnya dalam mengelola keuangan.

Gak cuma itu, kita juga dituntut untuk pintar dalam melihat dan mengambil setiap peluang guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Di masa pandemi tahun 2020 ini jugalah, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk memulai usaha.

Apalagi dengan meningkatnya layanan dan platform yang bisa digunakan, khususnya untuk berjualan online. Banyak orang membuka toko online dan mempromosikannya di media sosial. Hal ini pun tampaknya masih akan berlangsung di tahun depan. Tahun 2021, akan menjadi tahun dimana pertumbuhan UMKM Indonesia akan semakin pesat.

Bagi kamu yang ingin coba mulai merintis bisnis, berikut adalah beberapa peluang usaha baru yang bisa kamu coba di tahun 2021.

Frozen Food

065053100_1541274353-Frozen-Food-Benarkah-Tak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg
Foto by: klikdokter.com

Sebenarnya, frozen food bukanlah pasar baru yang tercipta sejak adanya pandemi. Saat ini pemain di pasar frozen food sudah cukup banyak, mulai dari bisnis rumahan hingga perusahaan multinasional. Untuk itu, kamu perlu menemukan ceruk pasar sendiri dalam memulai bisnis ini.

Misalnya, kamu bisa fokus menjual frozen food berupa bento yang awalnya hanya bisa dinikmati di restoran Jepang. Karena saat ini banyak restoran Jepang yang tutup, atau buka terbatas, sajian ini bisa menjadi obat rindu yang bisa kamu tawarkan.

Kamu juga bisa mengambil strategi yang sama, yaitu dengan menyajikan makanan yang awalnya banyak dinikmati oleh orang banyak, tapi kini jadi sulit untuk ditemukan.

Selain itu, pelayanan ekstra juga bisa menaikkan value usahamu di mata konsumen. Misalnya, dengan menerapkan layanan gratis pesan antar untuk pembelian dengan batas minimum tertentu.

Kamu juga bisa mengedepankan aspek kesehatan dan kebersihan dengan tidak menggunakan pengawet serta menjaga protokol COVID-19 selama proses produksi produk kamu.

Masker

065053100_1541274353-Frozen-Food-dTak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg

Saat pandemi pertama mulai merebak di Indonesia, masker menjadi dagangan dengan potensi yang sangat menggiurkan.

Kurangnya stok surgical mask di pasaran, menyebabkan harga dari masker terus meningkat pesat.

Maka dari itu, banyak orang akhirnya beralih menggunakan masker kain, dan tentu saja banyak pebisnis yang menjadikan hal ini sebagai peluang usaha baru mereka. Selain karena bisa digunakan berkali-kali, masker kain juga menawarkan desain yang menarik dan cocok dipadukan dengan outfit sehari-hari. Sehingga banyak orang yang merasa lebih nyaman dengan produk yang satu ini.

Nah, di tahun 2021, melihat sampai dengan sekarang pandemi masih juga belum mereda, bisa dipastikan bisnis masker masih akan berpotensi besar. Kamu bisa menjadikan ide bisnis ini untuk mulai merintis usaha di tahun 2021 nanti.

Bisnis ini juga termasuk jenis usaha yang memiliki modal kecil lho. Kamu bahkan bisa memulai usaha dengan membuat produk masker kamu sendiri secara handmade.

Tapi perlu diingat, sekarang ini masker kain memiliki peraturannya sendiri, salah satunya adalah harus 3 ply.

Jadi, pastikan kamu memproduksi atau menawarkan produk masker kain yang memang baik bagi kesehatan ya!

Produk Kebersihan

065053100_1541274353-Frozen-Food-Benarsskah-Tak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg

Selama masa pandemi, kebersihan diri dan rumah menjadi hal krusial yang tak boleh diabaikan oleh siapa pun. Mau tak mau, pola hidup bersih dan sehat harus diterapkan guna mencegah terjangkit COVID-19. Oleh karena itu, kebutuhan akan alat-alat kebersihan melonjak tinggi kuartal 1 dan 2 ini.

Faktanya, penjualan hand sanitizer di e-commerce saja mengalami peningkatan hingga 585%. Sabun cuci tangan pun mengalami peningkatan hingga 355%.

Meskipun saat ini kabarnya vaksin yang efektif mulai ditemukan. Belum ada kepastian kapan vaksin tersebut mulai didistribusikan untuk masyarakat kita.

Artinya, kebutuhan akan produk-produk kebersihan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya kasus positif COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia.

Bibit Tanaman

065053100_1541274353-Frozen-Food-Benarkah-Tak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang lebih kreatif lagi dalam menghabiskan waktu senggangnya saat #diRumahAja. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah melakukan cocok tanam atau berkebun di pekarangan mereka.

Bahkan karena begitu populernya, lahir berbagai inspirasi untuk melakukan urban farming atau sebutan dari aktivitas bercocok tanam bagi warga masyarakat kota.

Selain itu, di momen seperti ini kita juga bisa mendengar betapa gaungnya informasi seputar pemanfaatan lahan sempit sebagai tempat untuk bercocok tanam di rumah. Ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi para konsumen sekaligus informasi penting yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan adanya tren ini, prioritas masyarakat untuk memiliki berbagai alat dan bahan untuk mendukung aktivitas ini pun semakin meningkat. Ditambah lagi tren memasak makanan yang dihasilkan kebun sendiri menjadi banyak dibicarakan. Menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan hingga tahun 2021 kedepan.

Jamu Herbal

065053100_1541274353-Frozen-Food-Benarsskah-Tak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg

Jamu herbal juga menjadi salah satu ide usaha baru di tahun 2021. Untuk diketahui, rempah-rempah dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat bantu cegah terinfeksi virus corona.

Tak heran kalau harga rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, kayu manis, sereh, dan lain sebagainya ludes diburu konsumen. Tentunya ini adalah peluang bisnis yang menarik untuk kamu selami.

Namun, kalau hanya menjual bahan mentah, maka kamu tidak bisa menikmati added value. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk belajar mengolah rempah-rempah ini menjadi produk jadi, sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Misalnya, dengan membuat jamu literan berkualitas premium. Namun, tentu saja kamu harus menerapkan standarisasi BPOM dan sertifikasi halal, untuk menjamin bahwa produk kamu aman untuk dikonsumsi.

Jasa Digital Marketing

065053100_1541274353-Frozen-Food-Benarkah-Tak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg

Peluang usaha baru lainnya yang bisa kamu coba adalah jasa digital marketing.

Adapun, sekarang ini dengan berkembangnya teknologi digital, banyak bisnis yang beralih ke dunia digita. Hal inilah yang menyebabkan pemasaran digital juga marak dilakukan.

Setiap bisnis harus memiliki strategi digital marketing yang tepat, kreatif, dan tentunya beda dari yang lain.

Sayangnya, tidak semua orang mengerti dan paham akan dunia digital dalam pemasaran.

Maka dari itu, jika kamu memiliki kemampuan di bidang ini, tidak ada salahnya untuk membuka jasa digital marketing, untuk membantu para pelaku bisnis yang merasa kesulitan menjalankannya.

Kamu juga bisa melakukannya secara remote, dan berhubungan dengan klien melalui online.

Aneka Dessert

065053100_1541274353-Frozen-Food-Benarkah-Tak-Ada-Gizinya-By-bravissimos-123rf.jpg

Menghabiskan banyak waktu di rumah membuat orang-orang mudah bosan, sehingga mereka sering mencari alternatif kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah menikmati aneka cemilan.

Pastinya kamu sudah sering melihat banyak teman-teman di media sosial kamu yang mengunggah cemilan apa saja yang sudah mereka konsumsi selama di rumah saja, bukan?

Saat ini, cemilan kue kering mungkin sudah terlalu umum sehingga konsumen mulai bosan. Di sisi lain, dessert box sepertinya sedang banyak diminati. Rasanya yang lezat, tampilannya yang Instagramable, dan teksturnya yang lembut membuat dessert box cocok untuk menemani waktu di rumah.

Beruntungnya, kini sudah banyak resep dessert box yang bisa kamu coba buat. Jadi, jangan ragu untuk eksperimen rasa untuk ciptakan menu khas kamu sendiri.

Itulah ide usaha baru untuk tahun 2021 yang bisa kamu pilih untuk kemudian menjadi ide bisnis untuk diterapkan. Jadi,kamu tertarik menjalankan ide usaha yang mana?
Meskipun baru merintis, kamu gak boleh merupakan aspek keuangan usaha ya! Pastikan kamu memiliki pembukuan keuangan usaha yang baik dan benar.

Dengan aplikasi CrediBook, kamu bisa membuat pencatatan keuangan usaha jadi lebih cepat dan efektif. Aplikasi CrediBook yang ringkas membuatnya bisa dioperasikan bahkan untuk pemula dengan sangat mudah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran atau transfer antar-bank gratis biaya admin, mengelola transaksi utang, hingga mendownload laporan keuangan.

Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai rintis usahamu dengan aplikasi CrediBook sekarang!

(Baca juga : Trend Marketing di Tahun 2021 untuk Bisnis Sukses)

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru