thumbnail

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Seseorang

8 April 2021

Mengelola keuangan gak sebatas soal berapa nominal pengeluaran, pemasukan, dan investasi saja, lho. Keuangan yang sehat juga sangat dipengaruhi oleh mindset dan perilaku kita sendiri.

Misalnya saja, rasa syukur yang melimpah bisa membuat kualitas keuangan kita lebih baik. Dalam ajaran islam, bersyukur merupakan wujud terima kasih seorang hamba kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diperoleh. Hal ini menjadi cara terbaik agar selalu merasa cukup, meskipun sesungguhnya dalam keadaan berkekurangan. Dalam sebuah ayat dijelaskan “Sungguh jikalau kamu bersyukur niscaya akan Kami tambahkan (nikmat) untukmu" (QS Ibrahim:7).

Tidak hanya dari segi agama, beberapa profesor di Northeastern University, the University of California Riverside, dan Harvard University, juga pernah menjalankan riset terkait hal ini. Mereka menyatakan bahwa bersyukur terbukti dapat membuat seseorang menjadi lebih kaya lho. Mau tau bagaimana rasa syukur dapat memperbaiki kondisi finansial seseorang? Simak ulasan berikut ini!

Bersyukur Membuat Kita Lebih Sabar dalam Mengambil Keputusan Keuangan

Sering kali seseorang membeli barang yang sudah dimiliki hanya karena barang yang lama sudah terlihat kuno. Atau,membeli sebuah barang hanya karena lagi diskon. Padahal, boleh jadi barang tersebut tidak benar-benar dibutuhkan.

Menurut para peneliti, orang-orang yang memiliki rasa syukur yang baik akan menahan diri mereka untuk membeli barang-barang yang menjadi “kepuasan sementara”. Rasa syukur juga akan mendorong kita untuk memperbaiki keuangan pribadi dengan lebih rajin menabung dan tidak tergesa-gesa dalam menentukan keputusan keuangan.

Bersyukur Membantu Kita Terhindar dari Sifat Impulsif

Sifat impulsif merupakan kondisi saat seseorang mendapatkan dorongan untuk melakukan sebuah tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu. Misalnya, membeli produk handphone baru dengan harga yang mahal, tanpa adanya pertimbangan risiko keuangan, kebutuhan prioritas, dll.

Nah, dengan bersyukur kita kita jadi memiliki kontrol diri yang lebih baik, sehingga lebih rasional sebelum membeli ataupun memutuskan segala sesuatu. Alih-alih tergoda membeli barang yang tidak diperlukan, kita dapat lebih fokus memanfaatkan penghasilan untuk membangun dana darurat, tabungan, maupun investasi jangka panjang.

Bersyukur Membuat Kita Lebih Produktif

Hasil riset professor University of California, Dr Robert Emmons, menyatakan bahwa dengan bersyukur, kita dapat menaikkan kualitas kesehatan dan kebahagiaan hingga 25%. Rasa bahagia inilah yang nantinya mampu menjadi sumber energi baik yang bisa mendorong seseorang lebih kreatif dan produktif.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa bersyukur dapat memperbaiki kondisi finansial seseorang.

Yuk, coba untuk mulai mensyukuri, dari hal-hal kecil yang kita miliki. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari mindset negatif yang berpotensi mempengaruhi kesehatan serta keuanganmu.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru