Begini Tips Membuat Catatan Keuangan yang Cepat dan Mudah!

CrediBookCrediBook
Maret 21, 2023
thumbnail

Apa Anda ingin tahu bagaimana tips membuat catatan keuangan yang cepat? Simak artikel ini sampai bawah! Saat Anda menghabiskan banyak waktu untuk membuat catatan keuangan operasional perusahaan atau bisnis Anda menjadi terganggu. Terlebih jika bisnis yang Anda geluti tergolong baru, banyak hal yang membutuhkan perhatian Anda tidak hanya di bagian keuangan saja. Nah, agar Anda tidak terlalu membuang waktu dan tenaga saat menjalankan bisnis, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat catatan keuangan bisnis Anda lebih cepat dan tepat. Seperti apa caranya? Yuk cek di bawah ini!

Bedakan Jenis Dana atau Transaksi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah bedakan jenis dana atau transaksi. Jangan sampai dana Anda menjadi bercampur karena menyebabkan catatan keuangan menjadi kacau.  Misalnya jangan mencampurkan penjualan barang A dengan barang B. Dengan memisahkan penjualan barang tersebut Anda bisa tahu mana barang paling laris yang nantinya bisa Anda maksimalkan marketingnya. 

Gunakan Sistem atau Aplikasi Terbaik

Saat Anda menggunakan pencatatan keuangan manual, Anda harus membuat kolom-kolom untuk pencatatan keuangan yang tentunya memakan waktu. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan sistem atau aplikasi terbaik yang bisa membantu Anda dalam mencatat keuangan dengan cepat. Dengan aplikasi tersebut, Anda hanya tinggal memasukkan nominalnya saja tanpa harus membuat kotak atau tabel untuk format pencatatan.

Manfaatkan Gadget atau Tablet Anda

Tips membuat catatan keuangan yang cepat dan tepat selanjutnya manfaatkan gadget Anda. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa di akses melalui gadget atau smartphone yang terkoneksi dengan internet. Menggunakan aplikasi yang terbaik mudah bagi Anda memantau keuangan bisnis melalui genggaman tangan Anda. 

Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala. Dengan evaluasi yang rutin Anda bisa mencegah adanya transaksi yang belum tercatat. Jika Anda lupa mencatat lebih dari dua hari, Anda bisa kesulitan untuk mengingat berbagai jenis transaksi yang banyak. Sebelum Anda closing atau menutup kegiatan bisnis di hari ini, lakukan evaluasi pada keuangan transaksi Anda. Lihat apakah ada transaksi yang belum tercatat. Kurang satu transaksi saja bisa menyebabkan laporan keuangan Anda menjadi tidak real time.

Berikan Batasan Pengeluaran yang Jelas

Tips terakhir Anda bisa memberikan batasan pengeluaran yang jelas. Setiap bisnis pasti melakukan belanja bulanan. Anda bisa membatasi dan menganggar biaya bulanan yang dikeluarkan. Tujuan ini bermanfaat supaya Anda bisa melakukan penghitungan setiap bulan dan meminimalisir pemborosan.

Demikian tips membuat catatan keuangan yang cepat dan mudah. Untuk membantu pembukuan dan laporan keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan CrediBook.  Aplikasi yang satu ini dihadirkan untuk UMKM agar pelaku UMKM bisa mengelola bisnis atau usahanya lebih mudah. CrediBook juga sangat bermanfaat untuk mengelola keuangan bisnis karena memiliki empat fitur andalan yaitu catatan keuangan, catatan piutang, pembayaran transaksi usaha dan pengelolaan produk. Apapun jenis usaha yang digeluti, CrediBook mampu membuat bisnis Anda lebih mudah, cepat dan tentunya berkembang. Yuk instal CrediBook sekarang juga!

Bagikanfacebook sharerwhatsapp sharer