logo

BLT UMKM 2,4 Juta Diperpanjang Hingga 2021 Simak Syarat dan Cara Daftarnya Yuk!

18 Nov 2020

Kabar baik bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk pelaku usaha mikro atau Bantuan Langsung Tunai UMKM (BLT-UMKM) kembali diperpanjang setidaknya hingga kuartal I-2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, melihat jumlah peminatnya yang masih sangat tinggi.

Pemerintah pun berharap dengan diperpanjangnya program BLT UMKM ini, para pelaku UMKM bisa lebih berinovasi di tengah pandemi. Supaya usaha yang mereka jalani mampu bertahan dan terus berkembang.

Apa itu Banpres Produktif?

Banpres Produktif adalah dana hibah yang diberikan pemerintah untuk pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Adapun nominal yang dibagikan untuk masing-masing usaha adalah sebesar Rp 2,4 Juta, sebagai tambahan untuk modal kerja.

Dana ini hanya ditujukan kepada para pelaku UMKM yang belum pernah menerima bantuan pinjaman ataupun yang sejenis dari pihak perbankan.

Untuk menerima Banpres Produktif ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu.

- Warga Negara Indonesia

- Memiliki Usaha Berskala Mikro

- Bukan ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN/BUM.

- Tidak sedang memiliki pinjaman di Bank. Baik itu pinjaman reguler, maupu dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).

- Untuk pelaku UMKM yang alamat usahanya berbeda dengan domisili di KTP harus melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Selain hal-hal diatas, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan untuk pencairan dana, yaitu identitas diri, buku tabungan BRI, kartu ATM, surat pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan surat kuasa penerima dana Banpres. Jika tidak memiliki rekening BRI, penerima dapat mendatangi kantor BRI terdekat dengan membawa KTP dan bukti SMS pemberitahuan untuk mencetak buku tabungan BRI.

Bagaimana Cara Daftar?

Buat kamu, pelaku UMKM yang ingin mendapat Banpres, dapat mendatangi beberapa lembaga pengusul yang ditunjuk oleh pemerintah, di antaranya:

  • Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM.
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum.
  • Kementerian/Lembaga.
  • Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.

Setelah itu, jika pengajuan kamu dinyatakan lolos, maka akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dari bank penyalur (BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri). Kamu juga bisa cek secara online di alamat e-form BRI https://eform.bri.co.id/bpu. Masukkan nomor KTP dan NIK kamu secara lengkap beserta kode verifikasi sesuai yang tercantum ke dalam website tersebut.

Setelah menerima SMS pemberitahuan, kamu hanya perlu datang ke kantor BRI terdekat untuk verifikasi agar dana Banpres Rp 2,4 Juta bisa segera dicairkan.

Semua proses diatas tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Sehingga kamu harus waspada apabila ada pihak yang mengatasnamakan penyelenggara.

Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan bantuan pemerintah untuk usaha sebaik mungkin.

Bagikan post ini

whatsapp
whatsapp
whatsapp