thumbnail

Cara Jitu Meningkatkan Omset Toko Kelontong Kamu

9 September 2020

Toko kelontong adalah salah satu ide usaha rumahan yang sering menjadi pilihan banyak orang. Alasanya karena, produk atau barang yang dijual di toko kelontong pada umumnya selalu dibutuhkan siapa saja. Selain itu, membuka dan menjalankan usaha toko kelontong pun terbilang sangatlah sederhana. Apalagi jika dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya seperti warung makan atau salon. Karena bisnis toko kelontong ini tidak mengharuskan kamu untuk melakukan proses pengolahan atau pelayanan profesional.

Besar kecilnya omset sebuah toko kelontong dipengaruhi oleh seberapa banyak transaksi atau penjualan yang terjadi. Semakin banyak jumlah transaksi atau penjualan yang terjadi maka semakin besar pula omset yang didapat.

Secara sederhana, semakin ramai toko kelontong kamu maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.

Namun, tidak sedikit pemilik toko kelontong yang kesulitan untuk menaikkan omzet usaha mereka. Padahal, dengan strategi yang tepat semua usaha bisa berkembang dan meningkat omsetnya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan omset toko kelontong.

Menentukan Harga yang Produk Tepat

Semua orang tentunya menyukai barang murah. Dengan begitu, jika ada toko yang menjual barang dengan harga yang kemahalan, dapat dipastikan toko tersebut akan sepi pelanggan.

Untuk itu, lihat dan cek kembali harga barang yang dijual pada toko kamu. Bandingkan harga-harga tersebut dengan harga barang yang sama di toko kelontong lain.

Jangan sampai harga barang di toko kamu jauh lebih mahal dari harga barang yang dijual di toko pesaing ya. Setidaknya buat harganya sama agar persaingannya tidak terlalu sulit untuk toko kamu. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa membuat harga di toko-mu lebih murah walau hanya 100 rupiah.

Memaksimalkan Stok Barang yang paling Dibutuhkan oleh Pembeli

Seperti yang kita tahu kalau toko kelontong itu menjual banyak barang kebutuhan pokok, mulai dari beras, cemilan, gas elpiji, hingga sayur-sayuran.

Akan tetapi, tidak semua barang yang ada di toko itu dapat terjual dengan cepat. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Untuk bisa meningkatkan penjualan, kamu harus terlebih dahulu tahu apa kebutuhan terbesar yang mereka butuhkan, kemudian maksimalkan.

Maksud dari memaksimalkan barang di sini adalah dengan memperbanyak ragam merk dari barang yang sejenis.

Misalnya kopi, kamu tahu kalau di daerah sekitar toko kelontong kamu terdapat banyak penyuka kopi. Maka kamu harus memperlengkap merk kopi yang dijual, kamu bisa menjual berbagai jenis kopi seperti kopi hitam, white coffee, kopi susu, kopi murni, dan ragam kopi lainnya.

Perbaiki Pelayanan Toko

Tidak dapat dipungkiri jika pembeli akan lebih senang jika berbelanja di sebuah toko dengan pelayanan yang ramah. Pelayanan yang baik tidak hanya mampu mendatangkan pelanggan baru, namun juga bisa membuat pelanggan lama jadi lebih setia.

Nggak perlu heboh dan berlebihan, kamu cukup berperilaku ramah saja saat pembeli datang.

Cari Agen Barang yang Tepat

Ketika kamu mencari agen barang untuk kebutuhan toko kelontong-mu, usahakan untuk mencari agen yang memiliki kualitas barang yang baik ya!

Kamu bisa melihat bagaimana kondisi barang yang dijual, apakah kemasannya pudar, berbeda, bersih atau kotor. Selain itu, lihat juga tanggal kadaluarsa yang tercantum pada produknya. Carilah barang yang baru diproduksi agar pembeli merasa jika kamu juga mengutamakan kualitas barang yang kamu jual.

Sediakan Jasa Antar Jemput Barang

Terkadang kita kerap menemukan pelanggan yang cukup sibuk sehingga tidak sempat datang ke toko kelontong langsung untuk berbelanja. Sehingga, kamu bisa membuat layanan antar jemput barang guna memudahkan mereka.

Selain berguna untuk menjaga loyalty pelanggan, dengan memiliki layanan antar jemput, kamu juga memiliki pemasukan tambahan dari jasa antar jemput itu sendiri. Beberapa barang yang bisa kamu antar misalnya galon air mineral serta tabung gas.

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan omset toko kelontong kamu. Jangan lupa untuk selalu update aplikasi CrediBook kamu untuk menikmati cara #GampangNgurusUtang ya! Selamat Mencoba PakBos dan BukBos!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru