thumbnail

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Dari Nol Ala Bob Sadino

15 Januari 2021

Bob Sadino, siapa yang tidak kenal dengan pebisnis fenomenal yang satu ini. Bob sadino juga sering dipanggil Om Bob ini kerap kali tampil di publik dengan rambut putih dan celana pendek sebagai ciri khas nya. Tidak hanya terkenal dengan tampilan yang sederhana dan ala kadarnya, Om Bob juga dikenal lewat kisah suksesnya dalam membangun bisnis dari nol.

Meski kini beliau sudah wafat, masih banyak sekali pelajaran dan ilmu yang diwariskan oleh Om Bob untuk mereka yang ingin sukses di jalur bisnis.

Sebagai pebisnis, maupun orang yang baru ingin memulai usaha, artikel ini akan memuat beberapa hal penting yang bisa kamu pelajari dari kisah sukses seorang Bob Sadino, apa saja?

Berani Memulai

Jika kamu mencari berbagai kisah sukses atau biografi seorang Bob Sadino, maka kamu akan riwayat terkait keberanian beliau tiap kali ingin memulai suatu bisnis. Misalnya saja, ketika beliau memperkenalkan ayam negeri dan terlur nya di pasar bebas, padahal saat itu ayam kampung masih mendominasi pasar. Jalan nya dalam memulai pun tak selalu mulus, bahkan gagal di awal-awal. Akan tetapi hal itu tidak menjadi penghalang beliau untuk terus berusaha. Sebaliknya, kegagal itu ia jadikan vitamin untuk terus berinovasi dan berusaha lebih baik lagi.

Hal ini sangatlah berbanding terbalik dengan banyak usahawan pemula saat ini. Kebanyakan dari mereka s tidak berani menghadapi resiko dan memilih untuk menjauhinya. Baru mau memulai aja tidak berani, apalagi jika benar-benar memulai?

Menurut Bob Sadino, eksekusi menentukan 90% kesuksesanmu!

Jadi ketika kamu sudah bertekad untuk menjalankan usaha, take an action. Paksakan diri kamu untuk MULAI. Mindset seperti ini akan membentuk mental yang berani dan pantang menyerah dalam menjalankan usaha.

Jangan Kebanyakan Mikir

Salah satu perkataan Om Bob yang cukup terkenal adalah ‘kalau mikir terus, kapan kerjanya?’.

Meskipun terdengar sederhana, kalimat tersebut merupakan pesan sarat makna. Memang benar, kita perlu berpikir dan menganalisa ketika ingin memulai suatu usaha.

Namun, bukan berarti seluruh waktu dan energi kamu habiskan untuk berpikir dan menganalisa. Lebih jauh lagi jika hasil analisa menunjukkan hal negatif. Ini akan membuat kamu bersikap pesimis. Padahal, jika kamu sudah mencoba, mungkin saja analisa yang sudah kamu buat ternyata salah.

Intinya, jangan biarkan ide dan semangat mu berhenti di pikiran saja, tapi jalankan dalam bentuk aksi yang nyata. Sambil berjalan, kamu bisa mengevaluasi usaha lalu memperbaikinya agar lebih baik lagi.

Tidak Ada Kesuksesan yang Instan

Yang satu Ini penting untuk dicatat dan ditanamkan dalam benak kita semua. Kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa didapat secara instan. Dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk meraihnya.

Apabila kamu mendapat kesuksesan dengan instan, maka bersiaplah untuk kehilangan nya dengan cara yang instan pula. Kenapa demikian? Karena dalam dunia bisnis dibutuhkan pondasi yang kuat agar bisa sukses dan berkepanjangan. Mimpi saja tidak cukup. Dibutuhkan komitmen, semangat, dan pantang menyerah untuk mewujudkan nya.

Om Bob pernah mengatakan ‘jika sesuatu didapatkan dengan mudah, maka sesuatu itu akan menghilang dengan cara yang mudah pula.’

Berpikir Simpel & Positif

Disadari atau tidak, berfikir positif mampu memudahkan langkah-langkahmu menuju gerbang kesuksesan di masa depan. Sebab, ketika kamu memiliki pikiran yang positif, optimisme dalam diri pun akan semakin meningkat.

Sebaliknya, ketika kamu memiliki pikiran yang negatif, maka akan merusak kinerja, serta usaha yang kamu jalankan. Kamu akan selalu takut dan pesimis dalam menghadapi suatu situasi.

Selain pikiran yang positif, cobalah untuk menghindari pikiran yang kompleks.

Belajar dari Om Bob yang menerapkan cara berpikir simpel ketika berbisnis. Mengapa perlu demikian? Cara berpikir demikian akan lebih mudah menemukan solusi. Jangan memperkeruh masalah dengan pikiran yang berlebihan.

Jangan Takut untuk Bermimpi

Mimpi yang besar adalah semacam visi, motivasi, serta sumber kekuatan untuk terus berjuang.

Inilah yang dilakukan oleh Om Bob ketika memulai bisnisnya. Diawali dengan mimpi besar, diteruskan dengan action serta konsistensi dalam menjalankan nya. Empat hal diatas tadi menjadi landasan utama Om Bob dalam berusaha mewujudkan mimpi usahanya.

Tekad, niat, semangat baja dan perjuangan menjadi kata kunci baginya untuk terus berusaha dan melalui segala rintangan. Om Bob sadar bahwa kesuksesan bukanlah sebuah teori hitam di atas putih melainkan sebuah pencapaian yang didapat dari sebuah kerja keras dan perjuangan serta impian yang besar termasuk kekuatan niat yang kokoh.

Dari beberapa hal diatas, kini kamu punya gambaran bagaimana Bob Sadino bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Sebagai pemula dalam bisnis maupun yang sudah sukses, tetap ingat akan hal ini. Menjadi sukses bukan berarti berhenti belajar namun harus terus mengembangkan diri agar bisa bertahan. Karena hal tersulit dalam berbisnis bukanlah memulai, tapi mempertahankan nya untuk waktu yang lama. Selamat berjuang!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru