thumbnail

Inilah 5 Tren Marketing di Tahun 2021 untuk Bisnis Sukses

11 Desember 2020

Tak terasa, tahun 2020 tinggal tersisa beberapa hari lagi. Sudahkah kamu membuat rencana pemasaran untuk bisnis tahun depan? Sebelum mulai merancang, ada baiknya kamu mengetahui trend marketing apa yang bakalan hits di tahun 2021. Supaya pemasaran usahamu bisa berjalan lebih baik dan maksimal kedepan.

Setidaknya ada 5 trend marketing di tahun 2021 yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu.

Chatbots

Chatbot merupakan program berbasis artificial intelligence (AI) yang berfungsi untuk melayani live chat dengan konsumen. Program ini memungkinkan usahamu dapat aktif 24/7 untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis dan mereka pun bisa dapat jawaban yang tepat tanpa harus harap-harap cemas dengan keramahan customer servicenya.

Dari segi usaha, penggunaan chatbot ini juga dapat menekan biaya operasional. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu merekrut tenaga customer service dalam jumlah yang besar untuk bisa menyediakan fitur live chat.

Tahun 2021, theinnovationenterprise.com memprediksi 85% interaksi dengan dengan konsumen akan dilakukan tanpa melibatkan manusia.

Content Marketing

Mungkin strategi yang satu ini bukan merupakan hal yang baru. Akan tetapi, tahun depan sepertinya masih akan menjadi era dimana konten masih merupakan raja dari aktivitas pemasaran suatu usaha.

Lebih dari 3/4 pengguna internet mengatakan masih sering membaca blog. Selain itu, 70% bisnis masih menggunakan secara aktif menggunakan konten marketing untuk usaha mereka. Ini baru dari segi blog, belum dari jenis content marketing lain seperti socmed marketing, email marketing, podcasting, dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat, kesuksesan dari strategi ini sangat bergantung pada kualitas konten yang dibagikan.

Video Marketing

Kita semua sudah tau seberapa besar hype yang dibawa TikTok dengan format video nya di tahun ini. Maka tak heran, video marketing juga masuk ke dalam marketing trend di tahun 2021 mendatang.

Sebuah statistik yang dirilis oleh impactbnd.com bahkan menyatakan bahwa 96% konsumen memanfaatkan video untuk membuat keputusan pembelian mereka. Jadi, bersiaplah buat mengadaptasi tren marketing yang satu ini ke dalam strategi pemasaranmu.

Micro Influencers

Beberapa tahun kebelakang, influencers dengan jumlah followers yang banyak menjadi salah satu andalan produk atau brand dalam pemasaran. Namun hal ini akan sedikit berbeda di tahun 2021.

Tahun depan, diperkirakan brand atau bisnis akan beralih menggunakan micro influencer. Sekitar 70% konsumen milenial lebih sering melakukan pembelian jika direkomendasi oleh teman atau orang yang terdekat. Itu kenapa, pemasaran yang bekerja sama dengan micro influencer yang punya hubungan baik dan dekat dengan follower-nya akan jauh lebih sukses.

Social Commerce

Social commerce adalah aktivitas jual beli yang dilakukan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Line.

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia sendiri terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 160 juta, meningkat 8,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Rata-rata penggunaan media sosial di Indonesia juga di atas rata-rata global, yakni mencapai 3 jam 26 menit per hari.

Saat ini, sebagian besar bisnis turut aktif memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi maupun penjualannya. Diperkirakan, transaksi di social commerce dapat mencapai USD 25 miliar pada tahun 2022. Apalagi dengan adanya pandemi, jumlah penggunaan media sosial pun pasti akan ikut meningkat. Jadi sangat wajar jika kita perlu mempertimbangkan social commerce sebagai salah satu tren marketing yang akan hits di tahun 2021.

Nah itulah beberapa tren marketing di tahun 2021 yang wajib kamu tahu. Hal ini guna membantu kamu dalam merencanakan pemasaran usaha lebih baik di masa mendatang. Jadi tren mana yang paling menarik bagi kamu untuk dicoba?

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru