logo

Langkah Memulai Usaha Warung Sembako

29 Sep 2020

Warung sembako merupakan salah satu ide usaha favorit bagi sebagian orang. Hal ini karena produk utama dari warung sembako ialah bahan pokok yang tentu dibutuhkan oleh banyak orang sampai kapanpun.

Coba perhatikan di sekitar rumah kamu, ada berapa banyak warung sembako yang tersedia? Meskipun persaingannya cukup ketat, usaha warung sembako tetap nggak ada matinya.

Selain itu, untuk memulai usaha yang satu ini, kamu hanya memerlukan modal yang relatif kecil lho!

Meskipun begitu, kamu tidak bisa memandang usaha warung sembako sebelah mata. Karena jika dikelola dengan tepat, usaha ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Nah, buat kamu yang tertarik ingin memulai usaha warung sembako, simak dulu beberapa langkah memulai usaha warung sembako berikut ini.

1. Buatlah Rencana Usaha

Meskipun terlihat mudah, dalam memulai suatu usaha nggak bisa sembarangan. Kamu harus menentukan rencana yang matang terlebih dahulu.

Pastikan kamu sudah memahami hal-hal yang perlu disiapkan, faktor-faktor yang mendukung serta menghambat usaha, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mulai dengan melakukan riset pasar sederhana, mencari supplier barang, menghitung modal usaha, hingga mempelajari persaingan yang ada.

Selain itu, pertimbangkan juga lokasi dan tempat yang ingin kamu gunakan. Apakah kamu ingin menyewa ruko atau mungkin memanfaatkan lahan rumah yang ada.

Intinya, persiapkan sebaik mungkin rencana usaha kamu sebelum memulai ya. Supaya usaha bisa lebih siap dan maju di masa mendatang.

2. Siapkan Modal Usaha

Setelah kamu memiliki rencana, selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Perlu kamu ketahui, dalam mempersiapkan modal kamu tidak cukup hanya dengan menghitung barang dagang saja. Kamu juga perlu memperhitungkan kebutuhan operasional dan biaya lainnya.

Mulai dari biaya sewa atau renovasi tempat, barang inventaris yang dibutuhkan, sampai produk yang ingin di jual.

Yang terpenting pastikan setiap pengeluaran dan pemasukan kamu dicatat dengan rapi dan tepat ya! Untuk memudahkan pembukuan keuangan, kamu juga bisa menggunakan Fitur Transaksi dari CrediBook.

Dengan begitu, kamu nggak perlu repot catat di kertas ataupun melakukan hitung manual menggunakan kalkulator. Tinggal klik, mengelola keuangan pun bisa dilakukan sambil rebahan.

3. Pilih Sembako yang Berkualitas

Perhatikan setiap produk yang kamu pasarkan di warung sembakomu ya.

Pastikan kamu menjual sembako dengan kualitas terbaik. Hal ini guna menjaga reputasi warung sembako kamu di mata para pelanggan. Selain itu, barang dengan kualitas yang lebih bagus akan lebih disukai pelanggan meskipun memiliki harga relatif lebih tinggi.

Kamu juga dapat menyediakan barang dagangan dari dua kualitas yang berbeda, Hal ini bisa dilakukan jika tidak ingin pelanggan pindah ke lain hati karena harga yang lebih mahal.

Biarkan pembeli yang memilih barang berdasarkan kualitas dan kemampuannya. Kamu juga harus menjaga kejujuran kepada pelanggan. Katakanlah kondisi dan kualitas barang berdasarkan faktanya.

Apabila kamu ingin mendapatkan barang berkualitas tinggi dengan harga rendah, carilah suplier yang tepat. Kamubisa mencari pemasok di pasar atau meminta rekomendasi dari sesama pemilik Warung Sembako.

4. Atur Tata Letak Barang Dagangan

Percaya atau tidak, mengatur tata letak barang adalah hal yang penting dilakukan untuk sebuah warung sembako. Jika kamu menata setiap produk dan stok barang dengan teratur, tentu toko menjadi terlihat lebih rapi.

Kamu atau pelanggan pun akan lebih mudah menemukan barang ketika mencarinya. Agar terlihat rapi, gunakanlah etalase dan juga rak untuk menempatkan setiap barang dagangan.

Pisahkan barang-barang sesuai dengan kelompoknya dan jangan campurkan bahan atau produk makanan dengan sabun atau produk deterjen lain.

5. Selalu Jaga Kebersihan Warung

Warung yang bersih tentunya akan membuat kamu maupun pembeli merasa lebih nyaman.

Calon pembeli akan lebih tertarik dengan toko yang memperhatikan kebersihan lingkungan. Jadi cobalah untuk selalu membersihkan toko secara berkala. Periksa dan pastikan semua barang ada di tempatnya.

Dengan memperhatikan kebersihan dan kerapian, kamu juga mencegah hewan seperti kecoa dan tikus bersarang di dalam tokomu.

Nah itulah tadi 5 langkah untuk memulai usaha warung sembako. Setelah usaha berjalan, lakukan pemasaran dengan tepat agar nantinya penjualan usahamu bisa maksimal ya!

Untuk memudahkan proses pencatatan transaksi dan utang usaha, kamu bisa menggunakan CrediBook. CrediBook adalah aplikasi catatan keuangan digital yang didesain khusus untuk memudahkan proses pembukuan para pemilik usaha. Dengan menggunakan aplikasi CrediBook kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti:

  • Mencatat utang pelanggan dan mengirimkan pesan pemberitahuan secara otomatis.
  • Mencatat pemasukan-pengeluaran usaha dengan mudah
  • Memungkinkan kamu untuk kelola pembukuan lebih dari satu unit usaha.
  • Data tersimpan otomatis dan dijamin 100% aman.

Jadi tunggu apalagi? Yuk maksimalkan usaha kamu bersama CrediBook! Download disini ya!

Bagikan post ini

whatsapp
whatsapp
whatsapp