thumbnail

Menggali Keunikan Produk dengan Unique Selling Proposition

10 Mei 2021

Tidak bisa dipungkiri, persaingan bisnis erat kaitannya dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin tinggi permintaan konsumen, maka akan semakin banyak juga penawaran yang diberikan oleh penjual. Akibatnya, produk yang beredar di pasaran pun terkesan mirip satu sama lain. Di sinilah peran penting USP agar suatu bisnis menjadi beda dan lebih menarik dari yang lain.

Apakah yang dimaksud dengan USP? USP merupakan kependekan dari unique selling proposition. Bisa dibilang, USP adalah salah satu teknik marketing yang berhubungan langsung dengan penawaran. Sebagai penjual yang menawarkan produk, menerapkan USP akan membantumu dalam menawarkan produk dengan lebih mudah, cepat, dan beda dari yang lain.

Unique

Beberapa pertanyaan berikut ini mungkin sering muncul di benakmu.

  • Apakah kamu sering bertanya-tanya, apa yang membedakan produkmu dengan produk milik kompetitor?
  • Apa saja keunggulan produkmu jika dibandingkan dengan produk milik kompetitor?

Pertanyaan ini sangat penting untuk kamu jawab. Apalagi jika produk atau jasa yang kamu tawarkan sudah banyak beredar di pasaran.

Coba kamu bayangkan dan rasakan, jika dirimu sebagai konsumen. Kamu ditawari atau melihat penawaran beberapa produk sekaligus dengan karakteristik dan manfaat yang sama. Pasti cukup membingungkan atau bikin pusing, kan?

Apalagi, jika kamu menginginkan produk terbaik untuk dinikmati. Tentu akan saling membandingkan satu sama lainnya.

Seperti itulah yang dirasakan konsumenmu ketika dihadapkan dengan banyaknya pilihan produk.

Oleh karena itu, kamu harus memosisikan produkmu sebagai produk yang lebih unggul dibanding kompetitor. Namun, unggul saja masih belum cukup. Produkmu perlu “tampil beda” agar mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Sehingga mereka tertarik untuk membeli produkmu dengan segera.

Lalu gimana caranya untuk menarik perhatian pembeli?

Caranya adalah dengan menonjolkan keunikan produk. Kamu bisa mulai menggali keunikan produk dari fitur, spesifikasi, atau bahan untuk membuat produk tersebut. Lalu menceritakannya dengan tulisan yang persuasif.

Ingat, ya, produk yang baik adalah produk yang mampu menjawab keresahan atau permasalahan pelanggan. Cobalah untuk menunjukkan keunikan produk kamu dengan memberikan jawaban dari permasalahan tersebut.

Misalkan kamu berjualan roti. Kamu dapat mencantumkan bahwa roti yang kamu buat terbuat dari mentega premium yang diimpor dari Jepang, keju impor dari Italia, atau tepung gandum yang rendah kalori.

Kamu juga dapat mengulik keunikan produk berdasarkan manfaat yang dirasakan pembeli.

Jika kamu berjualan produk pembersih lantai, cobalah untuk menjelaskan kepada calon pelangganmu. Misalnya pembersih lantai yang kamu jual memiliki aroma citrus yang menenangkan, antilicin, dan membuat lantai lebih berkilau seperti baru.

Contoh lain, misalnya produkmu berupa gamis bagi wanita muda muslimah. Bagi muslimah yang baru mulai menggunakan gamis, mereka ragu untuk menggunakan gamis karena khawatir menimbulkan rasa gerah.

Lalu, apa solusi yang bisa kamu tawarkan berupa manfaat produkmu?

Kamu bisa mencoba ‘tuk meyakinkan calon pembeli bahwa gamis tersebut tidak menimbulkan rasa gerah, mudah disetrika, dan tampak trendy. Lalu jelaskan juga dampak positif jika mereka menggunakan gamis tersebut.

Kamu bisa menggunakan konjungsi atau kata hubung “sehingga”.

Trik saat mengulik keunikan produk adalah hindari untuk menjiplak keunggulan yang sudah dimiliki oleh pesaingmu. Walaupun manfaatnya sama, pastikan kamu memarafrase kalimat yang menunjukkan bahwa produkmu lebih unggul. Di sisi lain, hindari juga penggunaan kata-kata overclaim (klaim berlebihan) karena akan terlihat kurang profesional dan lebay.

Selling

Penawaran yang kamu berikan haruslah mampu mendorong calon pembeli untuk melakukan transaksi. Setelah mereka yakin dengan produk yang kamu tawarkan. Kini saatnya membujuk mereka agar produk yang kamu tawarkan mampu menarik minat mereka lebih jauh.

Untuk itu, agar keunikan produkmu semakin dikenal dan menjadi pembeda. Kamu dapat menggunakan iklan yang menerapkan teknik copywriting yang dikombinasikan dengan elemen foto atau video.

Visual sangat penting untuk menarik minat calon pelanggan. Gunakan foto atau video yang memiliki resolusi bagus jika ditampilkan di berbagai media. Namun, hindari menggunakan resolusi yang terlalu tinggi di media elektronik karena akan memakan waktu lebih lama untuk proses loading-nya.

Media yang digunakan pun, harus sesuai dengan pasar yang kamu tuju. Jika produkmu memiliki pasar anak remaja, kamu perlu terjun ke media sosial yang sedang mereka gandrungi. Sebut saja Instagram dan TikTok. Namun sebaliknya, jika pasarmu sudah berusia setengah baya atau lebih, kamu bisa mencoba memasarkan produk di Facebook dan media cetak.

Proposition

Kamu harus menarik minat calon konsumen dengan penawaran yang benar-benar mereka butuhkan. Sehingga, penawaran yang kamu buat tidak hanya produk unik yang dikemas dengan iklan menarik. Namun, juga benar-benar membuat calon pembeli terikat secara emosi.

Contohnya, kamu dapat memberikan bonus atau pembelian secara bundling atau paketan. Kedua cara ini dapat membuat penawaran yang kamu buat jadi tampak lebih menggiurkan.

Contoh lain, kamu berjualan satu set pisau yang terdiri dari beberapa jenis pisau. Kamu bisa memberikan bonus kepada pelanggan berupa talenan, sarung pisau, atau tatakan untuk meletakkan pisau.

Bila perlu, cantumkan juga nilai dari bonus tersebut jika dibeli secara terpisah. Maka, calon pelanggan pun lebih tertarik dengan penawaran itu. Di sisi lain, baik talenan, sarung, maupun tatakan merupakan kebutuhan pendamping bagi orang yang sudah memiliki pisau.

Jadi, dengan mengetahui USP produk atau jasa yang kamu tawarkan. Membuat penawaranmu lebih terkonsep dan lebih menarik. Beberapa produk ternama yang sudah menggunakan cara ini antara lain adalah aplikasi untuk berlangganan music, Spotify.

Pernah, kan, kamu mendengar iklan Spotify yang membekas di benak. Kurang lebih teksnya seperti ini

“Ingin menikmati musik kapan saja di mana saja, jutaan lagu siap diputar bersama kamu. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu akan mendapatkan audio berkualitas dan terjamin legalitasnya. Tak hanya itu, ada juga ribuan podcast eksklusif yang hanya bisa kamu dengarkan melalui aplikasi Spotify. Khusus untuk subscriber premium, ada beragam keuntungan menarik seperti mendownload tanpa batas dan mengatur musik kamu dengan lebih bebas.”

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru