thumbnail

Mudahnya Mengelola Keuangan Usaha dengan 7 Cara Ini!

23 Mei 2021

Sebagai pelaku usaha, manajemen keuangan yang baik adalah salah satu hal kemampuan yang harus kamu miliki. Jika kamu tidak cukup ahli dalam mengatur keuangan, kemungkinan besar bisnis kamu akan sulit untuk maju dan berkembang. Sebuah bisnis yang sehat membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Jumlah pemasukan dan pengeluaran harus berimbang. Tidak hanya itu, pelaku bisnis juga perlu memahami pentingnya mengatur arus kas serta menjaganya agar tetap lancar.

Jika kamu ingin memiliki sebuah usaha yang berjalan dengan mulus dan lebih profitable, maka pastikan setidaknya pengelolaan keuangan usahamu juga baik. Untuk itu, simak 7 cara mudah dalam mengelola keuangan usaha, apa saja?

Buatlah Rencana Pendapatan

Dalam memulai suatu hal tentu diperlukan sebuah rencana yang baik. Namun, apabila perencanaan tidak dijalankan sepenuhnya, maka hasil yang didapatkan tentu tidak akan maksimal. Bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan kerugian.

Oleh karenanya, untuk mengelola keuangan diperlukan sebuah rencana untuk mengatur pemasukannya. Pikirkan mana produk yang dapat menghasilkan untuk usahamu. Tentukan berapa banyak yang dapat diproduksi, lihat segmen pasar dan pastikan target penjualan. Jangan lupa, susun strategi pemasaran lebih matang, berdasarkan data, agar kamu dapat mencapai target sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Kelola Arus Kas Usaha

Saat mengelola keuangan pastikan semua catatan disesuaikan dengan nota pembelian ataupun bukti pengeluaran lainnya. Setelah mencatat pengeluaran, kamu juga harus mendokumentasikan pemasukannya. Kedua rincian dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk membuat neraca keuangan. Dari pembuatan neraca tersebut lah, kamu dapat mengetahui seberapa baik keuangan di dalam perusahaan.

Apabila arus kas tersebut sudah lancar, kamu tetap harus melakukan monitoring secara rutin dan berkala. Upayakan semua tagihan yang ada terbayarkan agar tidak menjadi masalah dalam keuangan perusahaan.

Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan catatan keuangan digital seperti CrediBook. Dengan aplikasi CrediBook, kamu bisa mencatat semua transaksi usaha dengan rapi dan aman. Kamu juga bisa melihat rincian pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode lho! Selain itu, keuntungan juga akan terhitung secara otomatis dan laporan keuangan pun juga bisa kamu download secara praktis. Jadi gak perlu repot hitung manual di kertas lagi. Klik di sini untuk mendownload aplikasi CrediBook.

Utamakan Kebutuhan Perusahaan

Sebagai pelaku usaha, kamu pasti sering mendengar nasehat bahwa pemasukan harus lebih besar dibandingkan pengeluaran. Meskipun terdengar sederhana, nasehat ini adalah kunci dalam membangun bisnis yang sukses lho.

Sebagai pelaku usaha, kamu harus cermat dalam memilih mana yang dibutuhkan bisnismu dan mana yang tidak. Hal ini demi menekan pengeluaran perusahaan, terlalu banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan akan membuat arus kas tidak seimbang. Karena itu usahakan untuk memprioritaskan kebutuhan yang memang dibutuhkan perusahaan.

Sebagai contoh, pengeluaran untuk sewa tempat usaha kuliner baru. Kamu dapat mempertimbangkan untuk mencari tempat dengan harga yang terjangkau, nyaman, dan potensial ramai seperti kantin perkantoran. Dibandingkan harus menyewa kios di mall dengan harga yang lebih mahal.

Pisahkan Rekening Usaha dan Pribadi

Satu hal yang sering membuat para pebisnis gagal dalam bisnisnya adalah tidak memisahkan antara uang usaha dan uang pribadi. Kebiasaan inilah yang kadang membuat akhirnya bisnis tersebut gagal. Seperti contoh, biaya yang seharusnya untuk produksi digunakan untuk membiayai kebutuhan pribadi. Hal ini dapat mengganggu arus kas usaha dan berpotensi menimbulkan masalah keuangan.

Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan pembukuan agar dapat melihat arus kas keuangan perusahaan dan tentunya dengan pembukuan tersebut kamu dapat memisahkan dari kebutuhan pribadi dan bisnis. Selain itu, kamu juga dapat memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis ini menggunakan bank dengan membuat rekening bisnis dan rekening pribadi. Dengan melakukan hal tersebut, segala transaksi dari bisnis kamu dapat terdokumentasi dengan jelas dan rapi.

Alokasikan Sebagian Pendapatan untuk Pengembangan Usaha

Bukan berarti kamu tidak dapat menikmati hasil keuntungan yang didapat dari bisnismu, alangkah baiknya jika kamu mengalokasikan sebagian pendapatan untuk pengembangan usahamu. Misalnya, sebagai dana untuk melakukan inovasi, merenovasi tempat, membuka cabang, dan lain sebagainya.

Salah satu tugas penting manajemen keuangan adalah menjaga bisnisnya untuk terus tumbuh dan berkembang. Semakin berkembang bisnis yang dijalani, maka semakin besar pula pendapatan yang diterima olehmu. Karena itu, sisihkan sebagian pendapatan bisnismu untuk mengembangkan usahamu.

Buatlah Evaluasi Tahunan

Ada 2 alasan mengapa evaluasi keuangan harus dilakukan. Yang pertama, evaluasi keuangan akan menampilkan sebuah pencapaian perusahaan selama satu periode. Evaluasi tersebut dapat memberikan informasi apakah langkah yang diambil sudah benar atau belum. Dengan evaluasi juga kondisi keuangan selama satu periode akan dapat terlihat dengan jelas.

Yang kedua, evaluasi keuangan juga dapat memperlihatkan pola pengeluaran perusahaan dalam satu periode. Apabila banyak terdapat kekurangan, maka kamu dapat mengambil langkah perbaikan pada periode selanjutnya.

Siapkan Dana Darurat

Setiap usaha yang dijalankan tentu tidak akan berjalan lancar seperti yang semua yang sudah direncanakan. Seperti datangnya pandemi COVID-19 yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Situasi pandemi ini memukul banyak sektor usaha, dan tak sedikit yang berakhir dengan gulung tikar.

Salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga seperti itu adalah dengan memiliki dana darurat. Dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk keperluan yang sifatnya urgent. Apabila kamu menghadapi masalah hingga berpotensi membuat kerugian yang besar dalam bisnis, kamu dapat menggunakan dana tersebut untuk bertahan dan melewati situasi darurat.

Nah, itulah tadi 7 cara yang bisa kamu coba agar dapat mengelola keuangan usaha lebih mudah. Agar sistem pengelolaan keuanganmu lebih baik, kamu dapat menggunakan catatan keuangan digital CrediBook untuk membantu proses mencatat, menghitung, serta membuat pembukuan lebih praktis dalam satu aplikasi. Yuk, download aplikasi CrediBook sekarang di Google Play Store, atau klik di sini.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru