logo

Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Cara Membuatnya!

6 Nov 2020

Hi PakBos dan Bukbos! Sudah punya Izin usaha mikro dan kecil atau IUMK? Buat kamu pelaku usaha kecil menengah, hal ini penting banget lho buat kamu miliki.

Apa itu Izin Usaha Mikrio Kecil (IUMK)?

Usaha Mikro Kecil (IUMK) ini adalah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu. Selain untuk kepastian hukum, IUMK dapat menjadi sarana pemberdayaan pelaku usaha.

Pada Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2014, pemerintah telah menetapkan tentang perizinan usaha mikro dan kecil yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum, serta sarana pemberdayaan bagi Pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Kriteria usaha mikro dalam UU No.20/2008 adalah:
  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan ; atau
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah)
Kriteria usaha kecil dalam UU No.20/2008 adalah:
  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan ; atau
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp 2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah)

Nantinya, pemilik IUMK ini akan mendapatkan pendampingan dari pemerintah daerah dan lembaga lainnya untuk mengembangkan usaha mereka. Pendampingan ini akan berupa pendataan, fasilitas akses permodalan, penguatan kelembagaan, bimbingan teknis, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mengajukan IUMK?

Nah, buat kamu yang mau mengajukan pembuatan surat IUMK ini bisa melalui online dan gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

Sebelum mengajukan IUMK,ada beberapa hal yang harus kamu siapkan, diantaranya.

1. Surat pengantar dari RT atau RW yang terkait dengan lokasi usaha.

2. Fotokopi KTP penanggung jawab usaha.

3. Fotokopi Kartu Keluarga penanggung jawab usaha.

4. Pas foto warna berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

5. Formulir IUMK yang telah diisi. Kamu bisa mengisi formulir lewat OSS : https://www.oss.go.id/oss/.

(Sumber: Permendagri No.83/2014)

Setelah kamu melengkapi syarat-syarat di atas, kamu bisa mengajukan perizinan ke kantor kecamatan. Selanjutnya Lurah/Camat yang sudah diberikan pendelegasian untuk pengurusan izin usaha oleh Bupati/Walikota, akan melakukan pengecekan syarat-syarat pengajuan IUMK. Jika persyaratan kamu sudah dinyatakan lengkap, maka pemohon izin usaha bisa mendapatkan IUMK. Namun apabila syarat-syaratnya belum lengkap, maka Lurah/Camat berhak mengembalikan syarat-syarat tersebut untuk dilengkapi terlebih dahulu.

Apa Saja Manfaat Memiliki UIMK Bagi Pelaku Usaha?

  • Mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan.
  • Mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha.
  • Mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non-bank.
  • Mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan/atau lembaga lainnya.

Nah, itulah manfaat serta pentingnya memiliki surat IUMK bagi pelaku usaha. Dengan memiliki IUMK usahamu pun bisa semakin maju dan berkembang. Jadi, jangan lupa ajukan IUMK untuk usahamu.

Untuk mempermudah pengelolaan serta pencatatan keuangan usaha, kamu bisa menggunakan aplikasi CrediBook, aplikasi catatan keuangan digital.

Dengan CrediBook, kamu bisa catat semua pemasukan serta pengeluaran usaha, download laporan keuangan, hingga mengidentifikasi alokasi pengeluaran. Yuk download CrediBook sekarang!







Bagikan post ini

whatsapp
whatsapp
whatsapp