thumbnail

Simak 5 Cara Atur Keuangan Ala CEO Dunia

4 Desember 2020

Manajemen keuangan yang baik adalah kunci untuk seseorang dalam mencapai kesuksesan finansial. Apalagi semakin tinggi kebutuhan hidup menuntut kita untuk lebih cerdas dalam mengatur uang, supaya tidak terjerat utang.

Kemampuan dalam mengelola keuangan ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang memiliki penghasilan menengah kebawah lho! Bahkan sekelas CEO dunia sekalipun juga mulai dengan melakukan hal-hal kecil dalam mengatur keuangan mereka.

Yuk simak 5 Cara Atur Keuangan Ala CEO Dunia dibawah ini.

Pangkas Pengeluaran Kecil

ss.jpg

Rahul Gandhi, Co-Founder dan CEO perusahaan penyimpanan MakeSpace pernah mengatakan bahwa hal-hal kecil yang tidak diawasi tanpa disadari bisa menghabiskan biaya yang lebih besar.

Nah, dalam mengatur keuangan, kamu bisa mulai dari hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan taksi online, memesan makanan online, hingga kopi sehari-hari. Kamu bisa mengganti kebiasaan tersebut misalnya dengan berjalan kaki atau bersepeda jika bepergian dalam jarak yang dekat, memasak makanan hingga menyeduh kopi sendiri.

Atau kamu bisa menikmati kopi di rumah atau di tempat kerja dibandingkan menghabiskan secangkir kopi dari kedai kopi berbintang dengan harga yang fantastis.

Prioritaskan Membayar Utang

dqonsnam3.jpg

CEO dari Eligible, Katelyn Gleason menyatakan, “ Saya menyadari bahwa sampai saya melunasi utang saya, kebutuhan akan terus membatasi pilihan karir saya saat ini dan masa depan”.

Pendiri dari platform pembayaran healthcare dunia ini mengaku bahwa fokusnya adalah untuk menabung dan membayar utang.

Belajar dari apa yang dikatakan Katelyn, kamu bisa meraih karirmu dengan bebas dan tidak ada batasan jika kamu tidak berurusan lagi dengan utang.

CEO High Tower, Elliot Weissbluth juga menyarankan untuk tidak berhutang kecuali untuk investasi jangka panjang yang mampu kamu lunasi. Misalnya, biaya pendidikan yang bisa dijadikan investasi pengembangan diri.

Sadari Setiap Pengeluaran

Mark.jpg

Mark Zuckerberg, CEO dari Facebook yang juga merupakan orang terkaya ke-7 di dunia pernah mengatakan bahwa penting bagi kita untuk menyadari dan mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan.

Dengan selalu membiasakan mencatat setiap pengeluaran,, kamu akan lebih punya kendali terhadap keuangan. Misalnya, ketika pengeluaran pada hari ini sudah melampaui anggaran, kamu bisa menahan diri di keesokan harinya.

Dahulukan untuk Berinvestasi

dqonnasm3.jpg

CEO platform produktivitas Evernote, Chriss O’Neill mengajarkan untuk menyisihkan 10-15 persen dari penghasilan untuk investasi pada dirimu sendiri. Baginya, diri sendiri adalah prioritas utama sebelum membelanjakan uang untuk apapun.

Investasi pada diri sendiri bisa diartikan dengan meningkatkan kualitas dan nilai jual diri kamu. Kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk mengikuti seminar, pelatihan atau membeli buku untuk selalu memperkaya pengalaman diri kamu.

Walaupun hal ini merupakan investasi pasif, bukan berarti kamu tidak memperoleh keuntungan. Dengan berinvestasi untuk pengembangan diri, soft skill kamu menjadi lebih terasah sehingga kamu memiliki penawaran yang lebih tinggi dalam karirmu.

Jadikan Menabung Sebagai Kebiasaan.

Warrent Buffet.jpg

Warren Buffett, siapa yang gak kenal investor sukses dunia yang satu ini?

Menurut CEO dari Berkshire Hathaway ini, kesalahan terbesar dari keuangan yang buruk adalah tidak membangun kebiasaan untuk menabung. Untuk itu, jadikanlah menabung sebagai kebiasaan.

Selain itu, bekerja lah untuk sesuatu yang dapat memperkuat serta membantu keuanganmu. Hindarilah kebiasaan serta pengeluaran yang dapat membuat keuangan tidak sehat.

Itulah 5 cara atur keuangan ala CEO dunia yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mengatur keuangan. Meskipun begitu, kamu juga harus menyesuaikan setiap strategi keuangan dengan kemampuan masing-masing ya! Karena, setiap orang pasti memiliki standar dan goals yang berbeda dalam hal keuangan. Yang terpenting, selalu catat setiap pemasukan dan pengeluaran dengan baik dan benar.

Untuk mempermudah proses tersebut, kamu bisa menggunakan Fitur Transaksi CrediBook. Dengan fitur ini, kamu tidak hanya bisa mencatat transaksi keuangan, tetapi juga mengetahui besaran pendapatan, hingga mengunduh laporan keuangan. Jadi lebih cepat dan gampang bukan?

Yuk, wujudkan keuangan lebih baik bersama CrediBook, download sekarang!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru