thumbnail

Tips Agar Pinjaman Disetujui Bank

4 Mei 2020

Tips agar pinjaman disetujui bank- Bank dinilai masyarakat sebagai salah satu tempat yang aman untuk mendapatkan pinjaman. Selain dapat mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar, meminjam uang di bank juga dapat menjadi solusi berbagai masalah keuangan masyarakat.

Pinjaman ke bank seringkali menjadi solusi ketika seseorang ditempatkan pada keadaan yang mendesak, misalnya biaya rumah sakit, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, pinjaman bank juga seringkali dimanfaatkan untuk mendapatkan modal guna memulai sebuah usaha baru. Akan tetapi, bank memiliki penilaian khusus untuk memutuskan menerima atau menolak pengajuan pinjaman seseorang. Berikut adalah tips yang perlu Anda ketahui agar pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh bank.

1. Menentukan Tujuan Pengajuan Pinjaman

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar pinjaman Anda disetujui adalah menentukan dengan baik tujuan pengajuan pinjaman. Bank akan meninjau tujuan dari pengajuan pinjaman Anda. Apabila pengajuan pinjaman Anda diperuntukkan untuk memulai sebuah bisnis atau usaha, pastikan Anda mempresentasikan atau menjelaskan dengan baik mengenai prospek bisnis Anda ini. Prospek bisnis yang baik akan membuat bank yakin untuk memberikan pinjaman kepada Anda.

2. Memenuhi Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Syarat wajib agar pinjaman Anda disetujui oleh bank tentu saja adalah dengan melengkapi dokumen persyaratan yang diminta oleh bank. Biasanya dokumen yang diminta oleh bank sebagai persyaratan pengajuan pinjaman adalah KTP, KK, NPWP, akta nikah, slip gaji maupun surat keterangan penghasilan, dan surat izin usaha apabila pengajuan pinjaman berhubungan dengan bisnis Anda. Persiapkan syarat yang ditentukan bank dengan lengkap, agar proses pengajuan pinjaman Anda dapat diproses lebih cepat.

3. Memperbaiki Catatan Rekening

Tips agar pinjaman disetujui bank selanjutnya adalah dengan memperbaiki catatan rekening. Catatan rekening ini biasanya akan digunakan oleh bank untuk menilai kemampuan finansial Anda. Bank akan melihat pemasukan pada rekening Anda untuk selama kurang lebih 3 atau 6 bulan terakhir untuk memastikan bahwa Anda memiliki penghasilan atau pemasukan tetap setiap bulannya. Apabila penerimaan gaji Anda dilakukan secara tunai, sebaiknya Anda mulai rajin melakukan setoran ke rekening Anda agar rekening Anda menunjukkan adanya pemasukan yang tetap.

4. Melakukan Pembayaran Utang dengan Lancar

Tips keempat ini penting untuk Anda lakukan. Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank, pastikan Anda memiliki riwayat pembayaran cicilan yang lancar, baik di instansi bank yang sama maupun instansi yang lainnya. Hal ini dikarenakan bank memiliki kemampuan untuk melihat apakah riwayat peminjaman Anda sebelumnya melalui Daftar Hitam Nasabah (DHN) yang disediakan oleh Bank Indonesia.

5. Mengukur Proporsi Cicilan

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan agar pinjaman disetujui bank adalah mengukur proporsi cicilan. Pastikan Anda mengajukan pinjaman sesuai dengan kapasitas kemampuan Anda dalam membayar. Pastikan bahwa cicilan dari keseluruhan pinjaman Anda, baik yang sudah maupun yang akan Anda ajukan, tidak melebihi satu per tiga dari penghasilan Anda. Jika melebihi, maka bank akan menganggap Anda tidak akan mampu membayar cicilan tersebut dengan baik.

Itulah lima tips agar pinjaman disetujui bank. Setelah pinjaman Anda disetujui oleh bank, langkah selanjutnya adalah membayar cicilan tepat waktu. Hal ini penting, agar Anda memiliki riwayat pembayaran yang baik di bank, sehingga apabila sewaktu-waktu Anda ingin mengajukan kembali pinjaman, bank tidak akan berpikir dua kali. Oleh karena itu, usahakan untuk mencatat segala macam cicilan Anda agar dapat terkontrol dengan baik.

Untuk mengontrol catatan utang dan juga piutang Anda maupun perusahaan, Anda dapat menggunakan aplikasi CrediBook. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda dalam membuat catatan utang dan piutang dengan rapi. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan,memeriksa, maupun melihat laporan secara langusng di manapun dan kapanpun melalui telepon pintar Anda.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru