thumbnail

Tips Atur Penghasilan Biar Tahan Sampai Akhir Bulan

5 Juni 2021

Kamu pernah dengar istilah “gaji numpang lewat”? Yes, istilah ini biasa digunakan untuk menggambarkan situasi dimana penghasilan bulanan habis hanya dalam hitungan hari. Biasanya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini. Mulai dari buruknya pengelolaan keuangan, beban pengeluaran yang berlebihan, sifat impulsif, dan lain sebagainya.

Fenomena ini tentu bukanlah sesuatu yang baik, karena jika terus dibiarkan akan membuat kondisi keuangan kamu menjadi berantakan.

Untuk itu, simak 5 tips untuk mengatur keuangan agar bisa bertahan sampai akhir bulan.

1 Buatlah Anggaran Keuangan

Kesehatan keuangan itu bukan ditentukan dari besar nominal yang bisa kamu dapatkan, melainkan seberapa baik kamu dalam mengelolanya. Percuma jika kamu memiliki penghasilan yang besar, tapi tidak dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik. Lambat laun uang yang kamu hasilkan juga akan habis juga.

Untuk itu, cobalah untuk membuat membuat anggaran keuangan tiap kali kamu menerima gaji atau penghasilan bulanan, berapapun jumlah yang didapat.

Misalnya, kamu bisa menggunakan formula 40:30:20:10. Formula ini membagi uang kamu ke beberapa pos alokasi yaitu 40% uang yang kamu hasilkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, minum, listrik, internet, dll. 30% dialokasikan untuk cicilan produktif, 20% untuk tabungan, dana darurat dan investas, lalu 10% untuk kebaikan seperti berdonasi, zakat, dan lain sebagainya.

2 Utamakan Bayar Kewajiban

Saat menerima penghasilan bulanan, dahulukan untuk membayar kewajiban seperti listrik, kontrakan, internet, dan tagihan bulanan lainnya. Buat pelaku usaha, dahulukan untuk membayar tagihan biaya operasional, utang ke supplier, dan juga gaji untuk para karyawan.

Sebisa mungkin hindari utang-utang yang sifatnya konsumtif, karena hanya akan menambah beban keuangan dan berpotensi mengganggu alokasi kebutuhan lainnya.

3 Menabung dan Berinvestasi

Berapapun nominal yang kamu hasilkan, usahakan untuk selalu menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung dan berinvestasi. Dua hal ini harus kamu jadikan prioritas, bukan diisi menggunakan uang sisaan.

Selain bisa jadi cadangan uang, tabungan dan investasi juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mewujudkan kemandirian finansial bagi seseorang. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik lewat menabung dan berinvestasi sejak dini.

4 Sisihkan untuk Kebaikan

Co-founder dari Tokopedia, William Tanuwijaya, pernah berkata bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Untuk itu, cobalah untuk rutin menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk berbagi kepada orang lain. Setidaknya, alokasin 10% dari pendapatan kamu untuk beramal, sedekah, donasi, maupun berzakat. Kamu bisa mengurangi persentase 10% ini sesuai pendapatan, namun usahakan untuk tetap ada setiap bulannya ya!

5 Catat Pengeluaran

Salah satu alasan kenapa gaji atau penghasilan seseorang sulit bertahan sampai akhir bulan adalah karena mereka tidak mengetahui uang yang dimilikinya digunakan untuk apa saja. Untuk itu, penting bagi kamu mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. Dari kebiasaan ini, kamu bisa melihat pola pengeluaranmu dan mengalokasikan uang dengan porsi yang lebih tepat.

Saat ini, kamu sudah tidak perlu lagi mencatat transaksi keuangan secara manual. Cukup pakai aplikasi CrediBook, semua akan tercatat lebih mudah dan rapi. Selain itu, kamu juga bisa mendownload laporan keuanganmu dalam bentuk PDF lho. Jadi lebih praktis bukan?

Aplikasi catatan keuangan digital CrediBook ini bisa kamu download di Google Play Store secara gratis, atau langsung klik di sini.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatur penghasilan agar dapat bertahan sampai akhir bulan. Semoga membantu!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru