thumbnail

Tips Jitu Dapatkan Modal Pinjaman untuk Bisnis UMKM

1 Agustus 2020

Mengajukan pinjaman online adalah salah satu alternatif yang tepat untuk mendapat modal bisnis. Bagi kamu yang telah mempunyai bisnis dan berniat untuk mengembangkan bisnis kamu, maka cobalah mengajukan pinjaman online.

Namun, mengajukan pinjaman online juga mempunyai prosedur yang harus dipahami. Tahapan prosedur ini akan menjadi penentu apakah kamu layak diberikan dana pinjaman. Seringkali orang - orang gagal mendapat pinjaman online karena hal - hal tertentu. Nah, berikut ini ada tips jitu dapat modal pinjaman untuk bisnis UMKM.

Pahami Profil Penyedia Pinjaman

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah pahami profil penyedia pinjaman. Penyedia pinjaman harus terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK, beberapa penyedia pinjaman online juga ada di bawah pengawasan Kominfo dan menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Kamu bisa mengunjungi website penyedia pinjaman online untuk memastikan apakah mereka terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK. Selain itu kamu juga bisa cek di website OJK berikut untuk memastikan apakah penyedia pinjaman online tersebut telah terdaftar dan diawasi OJK atau belum : Cek di sini

Tujuan dari memastikan hal tersebut adalah agar kamu terhindar dari penipuan. Banyak orang yang tertipu oleh penyedia pinjaman online bodong yang tidak terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK. Jadi, jangan lupa untuk memahami profil penyedia pinjaman ya!

Tentukan Tujuan Dana Pinjaman

Tentukan tujuan penggunaan dana yang akan kamu pinjam. Tujuan ini bisa bermacam - macam sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya untuk merenovasi warung atau sekadar menambah variasi produk yang dijual.

Pastikan kamu paham yang akan kamu lakukan dengan dana tersebut. Jangan sekali - kali meminjam dana jika kamu belum tahu untuk apa dana tersebut nantinya. kamu harus melakukan perincian yang tepat agar dana pinjaman dapat digunakan secara optimal.

Kamujuga harus memahami jumlah tenor, bunga pinjaman, dan jumlah pinjaman yang disediakan oleh setiap penyedia pinjaman online. Kamu dapat mengakses informasi tersebut melalui aplikasi penyedia pinjaman online atau di website masing - masing.

Siapkan Data Diri dan Dokumen

Penyedia pinjaman online biasanya akan meminta data diri atau dokumen pribadi untuk melakukan verifikasi data peminjam. Beberapa data yang perlu dilaporkan seperti nama pribadi, nomor KTP, alamat tinggal dan juga nomor telepon. Siapkan juga KTP kamu. Biasanya kamu akan diminta untuk mengirim foto KTP kamu (Bukan pas foto di KTP ya), tapi KTP kamu yang difoto lalu dikirim ke pihak penyedia pinjaman online.

Jangan khawatir, data diri dan foto dokumen pribadi tersebut akan menjadi data rahasia di bawah pengawasan penyedia pinjaman. Data peminjam tidak akan disebarluaskan ke pihak manapun karena itu merupakan bentuk komitmen penyedia dalam menjaga kerahasiaan peminjamnya.

Gunakan Dana Pinjaman sesuai Tujuan Awal

Apabila dana pinjaman sudah cair, pastikan kamu menggunakannya sesuai tujuan awal. Jangan sekali - kali menggunakan dana tersebut untuk tujuan lain seperti berlibur, berobat, atau bahkan pendidikan.

Jika hal itu terjadi maka kamuakan bingung sendiri nantinya. Pastikan kamubenar - benar menggunakan dana pinjaman yang diberikan untuk mendukung bisnis kamu. Ini seperti suntikan modal, ketika bisnis kamu lancar dan menghasilkan banyak keuntungan maka akan mendukung keberlanjutan bisnismu.

Komitmen Untuk Membayar Tagihan Tepat Waktu

Jaga komitmen kamu sebagai penerima pinjaman dengan membayar pinjaman tepat waktu. Mengembalikan dana pinjaman tepat waktu akan membuat histori kamu sebagai peminjam menjadi positif. Apabila kamu selalu telat dalam mengembalikan dana pinjaman akan ada denda yang harus dibayar. Selain itu, histori kamu sebagai peminjam akan dicap buruk karena telat dalam membayar tagihan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online untuk bisnis UMKM. Apakah kamu tertarik? Pastikan kamu benar - benar membaca syarat dan ketentuan penyedia pinjaman. Kamu juga harus memahami hal - hal di atas supaya lebih memahami cara mengajukan pinjaman online.


Download dan update aplikasi CrediBook di sini untuk menikmati fitur menarik dan mendapatkan info penting lainnya!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru