thumbnail

Tips Memaksimalkan Keuntungan Usaha di Bulan Ramadhan 2021

6 April 2021

Bulan Ramadhan merupakan momen yang penuh berkah. Bagi pelaku usaha, momen ini tidak kerap kali dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka. Hal ini karena, di bulan ini, penjualan kerap kali meningkat pesat.

Meskipun begitu, tingkat penjualan akan sangat bergantung pada persiapan dan strategi setiap pengusaha dalam mempersiapkan bisnisnya. Untuk itu, kami akan membahas beberapa tips memaksimalkan keuntungan di bulan Ramadhan, yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

Pastikan Produk Selalu Siap

Untuk menjaga bisnis agar tetap eksis selama bulan Ramadhan, kamu harus memastikan agar persediaan atau stok produk kamu selalu cukup. Terutama pada saat 7 hari terakhir Ramadhan dan 7 hari setelah Lebaran.

Penambahan persediaan produk dalam batas aman bisa 2 hingga 4 kali lipat dari jumlah normal yang biasa dimiliki oleh perusahaan. Dengan menyeimbangkan produksi dan kebutuhan, kamu dapat memperkirakan jumlah permintaan konsumen.

Sesuaikan Jam Operasional

Apabila biasanya perusahaan hanya melayani konsumen di jam kerja saja, maka sebaiknya tambahkan jam layanan di waktu yang tepat untuk berpromosi pada bulan Ramadhan.

Secara umum, "golden time" selama Ramadhan, dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Waktu Sahur : 03.00 - 05.00
  • Waktu Istirahat Siang : 11.00 - 13.00
  • Waktu Berbuka - Istirahat Malam : 18.00 - 22.00

Maksimalkan waktu-waktu di atas untuk melakukan berbagai aktivitas promosi usaha. Supaya, penjualan yang kamu dapat bisa meningkat di bulan Ramadhan.

Buat Konten Bernuansa Ramadhan

Konten yang relevan tentu akan memikat banyak audiens. Di bulan Ramadhan, ada baiknya kamu untuk mempersiapkan konten bulan Ramadan guna mengembangkan aktivitas online-mu.

Dengan membuat konten yang berhubungan dengan Ramadhan, peluang konten kamu ditemukan oleh calon pelanggan akan lebih besar. Hal ini dikarenakan pencarian keyword yang berhubungan dengan Ramadhan cenderung mengalami peningkatan.

Adakan Promo Spesial Ramadhan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Ramadhan adalah waktu terbaik bagi para pebisnis untuk berpromosi karena rata-rata pembelian masyarakat cenderung meningkat. Ini terjadi di semua sektor bisnis, baik dari pakaian, alat rumah tangga, barang elektronik, dan tentunya makanan. Mereka pun lebih memilih untuk belanja secara online yang biasanya mereka lakukan di kala senggang.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuat promosi yang menarik. Misalnya, dengan menawarkan harga spesial atau diskon khusus selama bulan puasa hingga menjelang hari raya. Pemberian label dengan nuansa Ramadhan ditambah iming-iming diskon yang menarik, akan semakin membuat para pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu.

Pakai Aplikasi CrediBook Buat Kelola Keuangan

Pendapatan yang meningkat hanya akan sia-sia kalau kamu gak tahu cara untuk mengelolanya. Untuk itu, manfaatkan aplikasi keuangan digital seperti CrediBook.

Dengan aplikasi CrediBook ini, kamu bisa melakukan pencatatan keuangan usaha, mulai dari pengeluaran, pemasukan, hingga transaksi utang-piutang. Selain itu, CrediBook juga bisa digunakan untuk membuat lebih dari satu pembukuan dalam satu akun. Jadi, gak usah khawatir kalau kamu punya banyak usaha, atau sekedar ingin memisahkan catatan keuangan pribadi dengan bisnis.

Itulah tadi beberapa tips memaksimalkan keuntungan usaha di bulan Ramadhan. Kamu dapat mencoba beberapa tips di atas agar bisnis makin cemerlang di bulan Ramadhan.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru