logo

Tips Memulai Usaha Kuliner di Masa Pandemi

15 Nov 2020

Sebagai produk pokok yang dibutuhkan oleh semua orang, bisnis makanan dan minuman atau kuliner masih menjadi ladang cuan yang menjanjikan. Bahkan di masa pandemi seperti saat ini, banyak bisnis kuliner yang masih bisa bertahan.

Meskipun begitu, memulai bisnis ditengah pandemi tidak semudah yang dibayangkan lho! Inovasi dan penyesuaian, menjadi syarat mutlak yang harus kamu lakukan.

Nah buat kamu yang berencana ingin memulai bisnis kuliner dalam waktu dekat, simak beberapa Tips Memulai Usaha Kuliner di Masa Pandemi berikut ini.

Tentukan Bisnis Kuliner yang Ingin Dijalankan

Di tahap pertama ini, tentukan terlebih dahulu makanan atau minuman seperti apa yang ingin kamu pasarkan. Kamu bisa memilih jenis kuliner lokal maupun internasional. Setelah menentukan kuliner nya apa, kamu juga harus memilih apakah ingin menjalankan waralaba yang sudah ada, membangun brand sendiri, atau mencari pihak ketiga untuk bekerjasama.

Dalam menentukan dua hal diatas, kamu harus mempertimbangkan target pasar dan visi dari usahamu ya.

Pahami Pasar yang Dituju

Selanjutnya yang tak kalah penting ialah memahami target pasar yang dituju. Hal ini wajib kamu lakukan, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Misalnya, jika ingin membuka warung ataupun bisnis kuliner dengan toko fisik, kamu harus memahami kebiasaan baru di sekitar tempat usahamu nanti. Apabila lokasi yang kamu pilih adalah area perkantoran, cari tahu apakah tempat tersebut sudah beroperasi seperti biasa lagi? Peraturan seperti apa yang diterapkan untuk tenant kuliner selama masa pandemi? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus kamu selesaikan.

Intinya adalah lakukan riset pasar sebaik mungkin, sebelum menentukan langkah usahamu.

Persiapkan Modal Usaha

Setelah mengetahui gambaran dari bisnis kuliner dan target pasar yang dituju, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Sebuah bisnis tentu tidak bisa berjalan tanpa adanya modal.

Mengapa tahap ini dilakukan setelah menentukan jenis bisnis kuliner? Supaya kreativitas dan ide mu tidak dibatasi dengan besaran modal yang kamu miliki saat ini.

Apabila jenis bisnis yang ditentukan di awal ternyata membutuhkan modal yang lebih besar, tak jadi masalah. Kamu bisa mengajukan pinjaman ke bank, ataupun penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan seperti CrediLoan di aplikasi CrediBook.

CrediBook bekerjasama dengan Fazzcard didalam memberikan akses permodalan untuk mendukung UMKM di masa pandemi. Layanan CrediLoan dari CrediBook ini juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lho! Jadi sudah terjamin aman dan terpercaya.

(Baca Juga : Cara Mengajukan Pinjaman untuk Tambahan Modal Usaha di CrediLoan)

Buat strategi pemasaran yang tepat

Pemasaran ibarat ujung tombak dalam bisnis kuliner. Seenak apapun produk kamu, akan sulit menjangkau pasar yang lebih luas jika tidak memiliki strategi pemasaran yang baik.

Di masa pandemi, channel online menjadi andalan setiap usahawan di dalam melakukan pemasaran. Mulai dari media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, hingga whatsapp.

Buatlah konten secara rutin, dan bagikan di platform media sosial yang kamu miliki. Kamu tidak harus selalu memposting seputar produkmu saja. Cobalah untuk membuat interaksi melalui konten trivia, tanya jawab, ataupun yang lainnya.

Siapkan Pembukuan Keuangan Usaha

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh U.S Bank menyatakan bahwa 1 dari 5 bisnis UMKM gagal di tahun pertama mereka. 82% disebabkan oleh cash flow atau arus kas yang berantakan.

Untuk itu, sekecil apapun usahamu, wajib memiliki pembukuan yang baik.

Dengan aplikasi CrediBook, kamu bisa mengelola keuangan usahalebih mudah. Kamu bisa catat setiap transaksi mulai dari utang-piutang, pemasukan, hingga pengeluaran usaha. Kamu juga bisa mendownload laporan keuangan lho! Jadi gak perlu pusing lagi buat pembukuan dan hitung keuntungan usaha secara manual. Tinggal klik, lewat satu aplikasi.

Membangun bisnis kuliner dimasa pandemi memang bukanlah hal yang mudah. Namun bukan tidak mungkin, situasi ini bisa menjadi momentum bagi kamu untuk sukses dalam berbisnis. Buat para pemula, sejumlah cara di atas bisa mulai diterapkan. Tunggu apalagi? Yuk, mulai berbisnis!

Bagikan post ini

whatsapp
whatsapp
whatsapp