thumbnail

Tips Sukses Berbisnis Online dengan Sistem Pre-Order

15 Maret 2021

Pre-Order bukan lagi istilah awam bagi para penjual daring (online) karena begitu berkaitan dengan dunia bisnis daring. Pre-Order merupakan model bisnis di mana kamu dan pelanggan bersepakat bahwa mereka harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu, lalu barang akan dikirim selang beberapa waktu kemudian, sesuai dengan kesepakatan.

Sistem ini banyak diminati oleh pebisnis online pemula karena memiliki resiko yang tergolong rendah. Selain itu, bisnis ini tidak memerlukan modal banyak, bahkan bisa kamu mulai tanpa modal. Salah satu kelemahan dari bisnis dengan sistem ini adalah pelanggan harus menunggu relatif lama untuk mendapatkan barang.

Namun kamu gak perlu khawatir. Simak Tips Sukses Menjalankan Bisnis PO Berikut Ini!

Perhatikan Kualitas Produk

Seperti yang disebutkan diatas, sistem bisnis Pre-Order ini menuntut pelanggan untuk sabar menunggu dalam mendapatkan produk yang diinginkan. Jadi pastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas yang baik. Akan lebih menarik jika produk kamu memiliki keunikan atau value lain didalamnya.

Intinya, jangan kecewakan pelanggan kamu dengan kualitas produk yang tidak maksimal. Karena, kepercayaan konsumen itu sangat penting. Bisa saja pelanggan kamu akan menjadi pelanggan setia dan loyal terhadap bisnis mu kedepannya.

Pilih Vendor yang Tepat

Demi menjaga kualitas produk yang kamu tawarkan, jalinlah kerjasama dengan vendor yang memiliki reputasi baik dan terbukti kualitasnya.Hal ini dikarenakan vendor-vendor yang kredibel mampu bekerja dengan profesional dan menghasilkan produk terbaik. Meskipun mengutamakan kualitas, kamu juga harus memperhatikan harga produksi yang ditawarkan. Supaya, kamu bisa memberikan harga jual yang kompetitif di pasaran nantinya.

Jangan lupa, lakukan riset dengan mempertimbangkan kelebihan serta kelemahan masing-masing vendor yang ada sebelum menentukan ya!

Tentukan Target Penjualan

Sebelum membuat strategi penjualan, kamu harus menentukan target terlebih dahulu. Semakin besar target yang kamu sasar, tentunya akan semakin tinggi usaha dan strategi yang harus disiapkan.

Selain itu, pastikan target penjualan mu sesuai dengan kapasitas yang dimiliki sekarang ini. Baik itu modal, sumber daya manusia, dan lainnya. Jangan memaksakan target yang terlalu tinggi, lebih baik berjalan perlahan dengan progress yang terus bisa dipertahankan.

Tentukan Jadwal PO

Jika kamu baru memulai, jangan sembarangan dalam membuka periode PO. Tentukanlah waktu yang tepat supaya penjualan mu pun bisa maksimal.

Misalnya, kamu bisa menentukan jadwal PO di setiap akhir hingga awal bulan untuk memanfaatkan momentum gajian.Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan momen-momen penting seperti lebaran, natal, tahun baru, dll.

Manfaatkan Tools Digital

Selain 4 hal diatas, kamu juga harus memperhatikan faktor lain seperti katalog produk, pencatatan pesanan, sampai alur pemesanan bagi pelanggan.

Dengan memanfaatkan tools digital seperti aplikasi Jooalan, kamu bisa menangani itu semua dengan sangat mudah lho!

Mulai dari membuat katalog produk yang menarik, praktis menerima dan mengelola pesanan, serta memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian. Cukup dengan bagikan link toko ke pelanggan, mereka bisa langsung membuat pesanan tanpa perlu repot mengisi format order lagi. Selain itu, kamu juga bisa pantau penjualan dimana saja dan kapan saja.

Itulah tadi 5 tips sukses dalam berbisnis online dengan menggunakan sistem Pre-Order atau PO. Supaya usahamu makin berkembang, gunakan aplikasi Jooalan. Untuk tahu lebih lanjut tentang Jooalan, silakan kunjungi www.jooalan.id atau klik disini.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru