thumbnail

Tips Sukses Jualan Online di TikTok [Terbaru-2021]

5 Februari 2021

Tahun 2020 bisa dibilang sebagai tahun nya TikTok. Bagaimana tidak? Aplikasi yang diluncurkan oleh Bytedance ini tercatat memiliki pengguna aktif per bulan mencapai 800 juta user setiap bulannya. Sungguh angka yang fantastis, apalagi untuk aplikasi yang baru berusia 4 tahun seperti TikTok.

TikTok banyak menarik perhatian para netizen karena platform ini bukan hanya sekadar media sosial yang menyajikan hiburan saja tetapi juga gaya hidup yang dikemas dengan kreativitas, passion, pengetahuan lebih dari sekedar jepretan atau gambar diam.

Selain itu, di TikTok setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk muncul di halaman For You Page atau yang dikenal dengan FYP. Ini merupakan fitur yang memungkinkan setiap orang menonton video dari user lainnya yang direkomendasikan untuk mereka.

Nah, bagi kamu yang memiliki bisnis dan ingin mencoba TikTok untuk memasarkan produk, ada beberapa tips promosi bisnis di TikTok yang bisa kamu lakukan, apa saja? Simak bocorannya berikut ini!

Jadikan Akun Bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mempromosikan bisnis melalui tiktok adalah dengan menggunakan TikTok for Business. Selain karena berbagai fitur yang ditawarkan, bisnis kamu pun akan terlihat lebih profesional dengan beralih ke akun bisnis. Lantas bagaimana cara mengubah TikTok kamu ke akun bisnis? Simak langkah dibawah ini!

  • Daftar menggunakan informasi bisnis atau login dengan akun yang sudah kamu miliki
  • Pada halaman utama, klik Saya
  • Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas
  • Klik Kelola Akun Saya
  • Klik Alihkan ke Akun Bisnis
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai
  • Edit profil dengan menggunakan foto yang menarik, lalu isi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap
  • Jangan lupa cantumkan link website/e-commerce toko kamu

Gimana, mudah bukan?

Maksimalkan Fitur yang Ada

TikTok memiliki berbagai fitur yang mendukung kreativitas kamu dalam berkarya, termasuk membuat konten pemasaran. Jadi, cobalah untuk memaksimalkan berbagai fitur ini untuk membuat konten video yang mampu menarik perhatian target konsumen. Beberapa fitur unggulan TikTok antara lain.

  • Tambahkan musik
  • Voice changer function
  • Filter
  • Sticker dan Effect
  • Timer

Selain fitur dalam membuat konten, TikTok juga punya fitur menarik lainnya lho! Misalnya, kamu bisa melihat performa akun dan konten yang kamu bagikan lewat fitur analytics. Kamu juga bisa meningkatkan jangkauan konten melalui fitur promote yang disediakan oleh TikTok.

Bagikan Konten Secara Konsisten

Dalam melakukan pemasaran konten di channel sosial media manapun, konsistensi menjadi syarat yang tidak bisa kamu abaikan. Semakin sering kamu memposting konten, maka akun kamu akan semakin eksis di mata pengguna lainnya.

Kamu tidak harus memposting konten setiap hari. Jika kemampuanmu saat ini adalah memposting 3 konten dalam seminggu, maka lakukanlah dengan konsisten. Buatlah jadwal posting dan disiplin menjalankan nya.

Selain itu, kamu juga harus menjaga tema besar atau persona dari akun TikTok kamu. Misalnya, jika target pasar kamu adalah pemilik online shop, maka cobalah untuk membagikan konten-konten dengan tema tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan agar TikTok dapat mengidentifikasi akun kamu dengan tepat.

Contoh, jika akun kamu sering membagikan seputar tips berbisnis online, maka TikTok akan membagikan konten kamu ke FYP orang-orang dengan ketertarikan bisnis online, begitu seterusnya.

Ikuti Tren dan Challenge

Salah satu cara yang efektif untuk bikin konten kamu viral dan masuk FYP adalah dengan mengikuti challenge atau membahas topik yang sedang tren. Hampir setiap hari pasti ada saja challenge unik di TikTok yang dibuat oleh para penggunanya.

Untuk mencari challenge apa yang sedang tren di TikTok, kamu bisa klik discovery, lalu klik hastag tantangan yang sedang atau berpotensi viral. Setelah itu, kamu tinggal membuat video challenge versi kamu lalu upload di akun TikTok. Kamu juga bisa menambahkan hastag seperti #foryou, #FYP ataupun #foryoupage, untuk membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian.

Dengan aktif mengikuti challenge seperti ini, kamu bisa meningkatkan traffic dan followers akun TikTok usahamu.

Lakukan Interaksi dengan Pengguna TikTok Lain

Meskipun yang kamu jalankan adalah akun bisnis, sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Cobalah untuk memberikan suka dan komentar pada beberapa video orang lain yang masuk dalam halaman FYP kamu.

Dengan melakukan cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bukan tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu atau bahkan memfollow akun usahamu.

Nah, itulah dia beberapa tips sukses berjualan online di TikTok. Dengan melakukan hal-hal diatas, diharapkan bisnis kamu bisa semakin dikenal oleh masyarakat secara luas dan mampu meningkatkan penjualan. Namun, jangan lupakan satu hal penting ini, pastikan kamu sudah memaksimalkan bisnis dengan teknologi terkini ya!

Salah satunya adalah dengan menggunakan catatan keuangan digital CrediBook yang dapat memudahkan urusanmu dalam mengelola keuangan usaha. Mulai dari pencatatan transaksi, kelola utang-piutang, dan masih banyak lagi. Yuk download CrediBook sekarang di Google Play, atau klik di sini.

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru