thumbnail

Tips Sukses Memulai Usaha Jual-Beli Mobil Bekas

17 Desember 2020

Setiap tahun, minat terhadap produk mobil di Indonesia semakin meningkat, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan lain sebagainya.

Mobilitas yang tinggi membuat masyarakat sangat semakin peduli terhadap lancarnya mobilitas dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, tak heran bila sekarang minat mobil di Indonesia semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Meskipun begitu, mobil masih merupakan produk mahal dengan harga yang sulit dijangkau. Belum lagi biaya maintenance dan pajak yang harus dibayarkan. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang lebih tertarik untuk membeli mobil bekas.

Nah, buat kamu yang ingin memulai usaha baru di tahun 2021, bisnis yang satu ini sangat bisa kamu pertimbangkan.

Meskipun terlihat simpel, usaha ini tak semudah yang kamu kira lho! Ada berbagai hal yang perlu kamu pahami dan perhatikan lebih lanjut.

Untuk itu, simak dulu tips sukses untuk memulai usaha jual-beli mobil bekas berikut ini.

Carilah Mobil dengan Peminat yang Banyak

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan usaha jual-beli mobil bekas adalah pilihlah tipe mobil yang banyak diminati oleh pasar.

Apabila kamu salah dalam memilih tipe mobil yang ingin dijual tentu akan berdampak buruk pada bisnis, bahkan dapat menyebabkan kerugian.

Untuk itu, cobalah mulai dengan mengamati di sekitarmu, mobil seperti apa yang paling banyak digunakan saat ini.

Di Indonesia sendiri, mobil-mobil buatan Jepang lebih diminati ketimbang Eropa. Hal ini dikarenakan selain murah, spare part mobil Jepang juga lebih mudah dicari dan layanan after salesnya juga lebih banyak ditemukan.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil unit bekas taksi untuk dijual lagi. Seperti yang ditawarkan Bluebird yang menawarkan bekas taksi dengan beragam model dan kondisi. Seperti misalnya Toyota Limo, Honda Mobilio, Mercedes-Benz E200 dan C200, sampai Toyota Alphard. Secara kondisi, unit yang ditawarkan Bluebird ini memang cukup terjamin karena sudah dilakukan proses rekondisi. Mulai dari pelepasan atribut taksi, pengecatan ulang bodi, perapihan eksterior dan interior, sampai sektor mesinnya.

Perhatikan Kelengkapan Surat-Surat Kendaran

Sebelum memulai bisnis jual beli mobil bekas, kamu juga harus mengecek bagaimana kelengkapan surat-surat dari unit yang ingin dibeli.

Hal ini dikarenakan konsumen kamu tidak akan mau rela mengeluarkan uang untuk membeli mobil batangan, alias tanpa adanya surat-surat seperti STNK atau BPKP.

Untuk menambah nilai jual, kamu bisa menawarkan jasa balik nama surat kendaran kepada calon pembeli. Kamu juga bisa mengenakan biaya untuk layanan ini sehingga menambah margin keuntungan kamu.

Perbaiki dan Percantik Kembali

Kondisi bodi mobil memang bukanlah syarat utama dalam membeli mobil bekas. Selagi mobil bekas itu masih memiliki mesin dengan kondisi yang bagus, kamu selalu bisa memperbaiki dan mempercantik kondisi luar mobil tersebut.

Cobalah untuk melakukan perbaikan pada bodi mobil yang dibeli. Mulai dari pengecatan ulang, mengganti ban, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mencuci agar kondisi mobil kembali terlihat mulus dan bersih.

Dengan melakukan hal tersebut, mobil yang kamu jual pun mampu dibanderol dengan harga yang lebih tinggi di pasaran.

Hindari Menggunakan Makelar Mobil

Sudah tau apa itu Makelar? Makelar adalah orang yang bertindak sebagai penghubung antara 2 belah pihak yang berkepentingan. Para makelar adalah salah satu pihak yang akan sering ditemui dalam dunia usaha jual beli mobil.

Sebagai pelaku usaha jual-beli mobil bekas, sebisa mungkin hindarilah menggunakan makelar dalam setiap melakukan transaksi. Karena, makelar biasanya akan menawarkan mobil dengan yang harga yang lebih tinggi dari sebenarnya.

Selain itu kamu juga tidak bisa melihat mobil yang ingin dibeli secara langsung apabila melalui perantara makelar.

Untuk itu, sebaiknya beli langsung mobil dari pemiliknya, kamu bisa mencari orang-orang yang sedang membutuhkan uang, karena biasanya ia menawarkan harga lebih murah.

Kalau sudah melihat secara langsung bagaimana kondisi mobil, tentu kamu akan lebih mudah memperkirakan berapa harga jual yang tepat supaya untung.

Perhatikan Aspek Keuangan Usaha

Manajemen keuangan merupakan hal terpenting dalam suatu bisnis. Apapun jenis usaha yang kamu jalankan, kamu perlu mengatur keuangan Usahamu. Dengan keuangan yang baik, bisnis dapat lebih mudah untuk berkembang dan melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas.

CrediBook adalah salah satu solusi yang dapat kamu gunakan untuk membantu proses pembukuan keuangan usahamu. Dengan aplikasi CrediBook, kamu bisa dengan mudah mencatat transaksi usaha, melihat jumlah keuntungan, dan mendownload laporan keuangan.

Kamu juga bisa terima dan melakukan transfer gratis biaya admin ke semua bank dengan fitur pembayaran CrediBook lho! Jadi makin mudah bertransaksi, dan mengelola keuangan lewat satu aplikasi bukan? Yuk Tips Sukses Memulai Usaha Jual-Beli Mobil Bekas download aplikasi CrediBook sekarang!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru