thumbnail

Tips Sukses Menjalan Usaha Kelontong di Era Digital

14 Juni 2021

Di era yang serba digital seperti saat ini, bisnis toko kelontong kian dipandang sebelah mata. Para pelanggan yang tadinya setia dengan toko kelontong kini mulai beralih ke minimarket bermodal besar.

Hal ini tentu disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kenyamanan sampai kelengkapan barang yang ditawarkan. Namun bukan hanya itu, faktor utama yang dinilai menjadi penyebab tergerusnya kepopuleran bisnis toko kelontong adalah kegagalan mereka dalam berinovasi serta melakukan penyesuaian terhadap zaman. Disisi lain, pertumbuhan minimarket pun terus meningkat. Pada 2017, riset Nielsen telah melaporkan bahwa minimarket di Indonesia telah mencapai 43.826 unit.

Saat ini, pertumbuhan kelas menengah dan kesibukan masyarakat yang tinggi mendorong mereka untuk lebih sering berbelanja di tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggal, ketimbang berbelanja di supermarket.

Polah konsumsi seperti ini tentu tidak hanya menguntungkan minimarket, melainkan juga pelaku usaha toko kelontong. Dengan beberapa langkah tepat, pebisnis kelontong bisa memanfaatkan peluang ini agar bisa maju dan sukses di era digital.

Berikut ini adalah beberapa tips agar usaha toko kelontong kamu bisa sukses di era digital.

Buat Penataan Toko Lebih Modern

Penataan toko kelontong adalah faktor penentu kenyamanan pelanggan saat berbelanja di toko kelontong. Dengan memperbaiki penataan toko, pelanggan akan merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kelontongmu.

Ada beberapa cara menata toko kelontong yang bisa kamu terapkan. Salah satunya dengan menggunakan rak-rak untuk menaruh barang dagangan. Kamu bisa gunakan rak yang terbuka untuk membuat barang dagangan lebih mudah terlihat oleh pelanggan. Rak yang terbuka ini bukan hanya baik untuk kemudahan pelanggan, tapi juga baik untuk menarik minat mereka dalam membeli.

Agar produk mudah dijangkau, susunlah produk-produk yang kamu jual secara teratur, sesuai dengan jenisnya. Tata barang-barang yang paling sering dicari oleh pelanggan di rak yang sejajar dengan mata pengunjung. Dengan begitu, pelanggan akan semakin mudah mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Yang gak kalah penting, buatlah penerangan yang baik untuk kenyamanan konsumen dan pastikan kamu selalu disiplin dalam menjaga kebersihan toko kelontongmu ya!

Carilah Agen yang Tepat

Ketika kamu mencari agen barang untuk kebutuhan toko kelontong-mu, usahakan untuk mencari agen yang memiliki kualitas barang yang baik ya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan harga yang ditawarkan. Jangan sampai kamu membeli dengan modal yang terlalu tinggi.

Buat yang berdomisili di Jakarta, Bandung, Tangerang, dan sekitarnya, kini kamu bisa berbelanja kebutuhan usaha lebih praktis dan hemat lewat toko grosir online, Joovan. Dengan berbelanja di Joovan, kamu bisa menghemat waktu, tenanga, bahkan uang lho. Cukup pesan lewat smartphone, pesanan kamu akan diantar sampai ke depan toko. Bayarnya pun bisa COD ataupun secara tempo, sampai dengan H+7 setelah pemesanan.

Untuk belanja kebutuhan toko di Joovan, klik di sini.

Tawarkan Produk Digital

Untuk meningkatkan daya saing dan profit toko kelontong, kamu bisa menawarkan berbagai layanan menarik lainnya yang dibutuhkan oleh pelanggan Misalnya saja dengan menyediakan layanan PPOB.

PPOB atau Payment Point Online Bank adalah sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Pembayaran yang dapat dilakukan melalui sistem ini cukup beragam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game.

Kebutuhan membayar tagihan dan membeli produk digital telah menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Dengan adanya layanan ini di toko kelontong kamu, maka penghasilan yang bisa kamu dapatkan juga akan semakin meningkat.

Buat Pembukuan Keuangan untuk Usaha

Jika usaha toko kelontong kamu ingin maju dan bertahan untuk jangka panjang, maka diperlukan pembukuan usaha yang tepat. Sebanyak apapun profit yang kamu hasilkan hanya akan sia sia jika tidak dikelola dengan baik. Untuk itu, manfaatkan aplikasi keuangan digital seperti CrediBook.

Dengan aplikasi CrediBook ini, kamu bisa melakukan pencatatan keuangan usaha, mulai dari pengeluaran, pemasukan, hingga transaksi utang-piutang. Selain itu, CrediBook juga bisa digunakan untuk membuat lebih dari satu pembukuan dalam satu akun. Jadi, gak usah khawatir kalau kamu punya banyak usaha, atau sekedar ingin memisahkan catatan keuangan pribadi dengan bisnis. Aplikasi CrediBook bisa kamu download secara gratis melalui Google Play Store atau klik di sini.

Itulah tadi beberapa tips sukses untuk menjalankan usaha kelontong di era digital. Semoga membantu!

(Baca Juga : Cara Mudah Catat Pemasukan-Pengeluaran Usaha Pakai CrediBook)

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru