thumbnail

UMKM Bisa Bangkit di Tahun 2021, Ini Syaratnya!

23 Desember 2020

Di tahun 2020 ini kita dihadapkan dengan situasi pandemi COVID-19 yang membawa dampak negatif pada seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi.

UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan selama masa pandemi ini. Turunnya daya beli masyarakat, adanya pembatasan sosial, hingga biaya-biaya tak terduga yang muncul, membuat banyak usaha terpaksa gulung tikar.

Namun, di sisi lain UMKM juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan industri-industri besar. Dapat dibilang, sektor UMKM bisa lebih cepat pulih karena memiliki fleksibilitas yang tinggi. Artinya apa? UMKM memiliki kemampuan untuk menyesuaikan model bisnis mereka, melakukan pivoting lebih cepat dibandingkan dengan bisnis skala besar.

Hal ini juga sudah terbukti ketika krisis terjadi di tahun 1998. Disaat ekonomi Indonesia terpuruk, UMKM justru menjadi sektor penyelamat, karena masih mampu menopang roda perekonomian negara.

Lantas bagaimana keadaan UMKM di tengah krisis akibat pandemi COVID-19?

Meskipun situasi dan kondisi nya berbeda, para pelaku UMKM masih memiliki optimisme yang tinggi untuk bangkit dari situasi krisis kali ini. Akan tetapi, tetap diperlukan persiapan guna menyambut era next normal di tahun 2021 nanti.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh UMKM agar dapat bangkit dan bertahan di tahun depan.

Model Bisnis Light & Agile

Situasi yang tak menentu selama pandemi COVID-19 ini menuntut kita untuk bisa cepat beradaptasi dan berinovasi sebagai pelaku usaha. Seperti yang sempat disinggung di atas, fleksibilitas menjadi kunci UMKM untuk tetap bertahan di tengah situasi krisis. Menjadi light & agile adalah suatu keharusan.

Kedepan, para pelaku usaha akan dituntut untuk terus berfikir kreatif dan inovatif agar bisnis dapat berjalan dan melewati masa krisis dengan baik dan aman. Misalnya, dengan melakukan efisiensi operasional melalui bantuan teknologi digital.

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan catatan keuangan digital seperti aplikasi CrediBook guna membantu proses pembukuan keuangan usaha. Dengan CrediBook, kamu tidak perlu lagi mencatat segala transaksi di kertas lagi. Kamu bahkan tak perlu menghitung keuntungan secara manual. Cukup dengan satu aplikasi, kamu bisa melakukan semuanya 3x lebih efektif dibandingkan cara konvensional. Sangat membantu bukan?

Branding Kesehatan & Keamanan

Seperti yang kita tahu, virus COVID-19 ini dapat menular dengan sangat cepat melalui kontak kontak langsung. Namun, membatasi kontak sosial, kapasitas ruang, sampai jaga jarak saja tidaklah cukup untuk mencegah penularan. Kita dituntut untuk lebih menjaga kebersihan serta menjaga asupan gizi dan vitamin tubuh.

Maka tak heran, kedepan keamanan dan kesehatan akan semakin menjadi prioritas pelanggan di masa mendatang. Para pelaku bisnis UKM harus dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan menerapkan konsep healthy dan security.

Menerapkan protokol kesehatan yang memadai mulai dari penggunaan masker hingga menerapkan pembayaran secara cashless.

Go Online

Selama pandemi, perubahan tidak hanya dirasakan dari sisi pelaku usaha saja, pelanggan pun juga mengalami pergeseran kebiasaan. Misalnya, dari yang tadinya berbelanja secara langsung di mall, pasar, ataupun toko fisik, kini beralih ke platform online.

Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah transaksi jual beli di e-commerce meningkat hampir dua kali lipat di tengah pandemi covid-19. Jumlahnya melonjak dari yang tadinya 80 juta transaksi di 2019 menjadi 140 juta transaksi sampai Agustus 2020. Angka yang cukup fantastis bukan?

Hal inilah kemudian yang menimbulkan urgensi di kalangan pelaku UMKM untuk segera memasarkan produk secara online. Setidaknya, melalui platform e-commerce dan social media yang ada.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pelaku UMKM agar dapat bangkit dan bertahan di masa mendatang. Sudah siap untuk menyambut tahun 2021?

(Baca Juga : Kesalahan yang Harus Dihindari UMKM agar Sukses di Tahun 2021)

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru