thumbnail

Untuk UMKM, Hindari Kesalahan Ini Agar Bisnismu Sukses di 2021

21 Desember 2020

Kesalahan dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang sangat umum terjadi di kalangan pelaku usaha. Tak hanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saja, bisnis yang sudah besar pun tak luput dari kesalahan yang berdampak pada kegiatan usaha.

kesalahan dalam berbisnis ini sangat perlu untuk kamu hindari. Terlebih bagi UMKM, kesalahan tersebut bukan hanya dapat berdampak pada operasional, melainkan juga berdampak pada keberlangsungan bisnis secara keseluruhan.

Untuk itu, mari simak beberapa kesalahan yang harus dihindari agar bisnis kamu dapat sukses di tahun 2021.

Melakukan Semua Sendiri

Ketika masih dalam tahap merintis sebuah bisnis maka akan sangat wajar jika kamu memiliki banyak peran atau one man show. Mulai dari penyusunan ide dan rencana, persiapan anggaran, produksi, brand, hingga pemasaran. Namun, bukan berarti kamu yang harus mengerjakan setiap aspek ini selamanya. Terutama ketika bisnis kamu sudah mulai berkembang.

Apabila penjualan dan permintaan pasar sudah mulai meningkat, sebaiknya pertimbangkan untuk merekrut karyawan. Namun jika belum siap untuk merekrut karyawan, kamu juga bisa menggunakan jasa outsource untuk membantu mengurusi aspek-aspek tertentu dalam bisnis. Misalnya, kamu bisa merekrut tenaga outsource untuk mengerjakan hal-hal tertentu seperti desain, admin social media, pembuatan toko online, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik yang praktis.

Pada akhirnya, kamu harus bisa memahami bahwa ada hal yang bisa kamu kerjakan sendiri dan ada yang tidak. Jadi, jangan mencoba melakukan semuanya sendiri agar progres bisnis Anda pun bisa berjalan lebih cepat dan terarah.

Kurangnya Perencanaan yang Matang

Sebagus apapun ide atau model bisnis yang kamu punya akan sulit untuk maju jika tidak memiliki tujuan yang terukur dan jelas.

Untuk itu, diperlukan perencanaan yang matang untuk merealisasikan sebuah bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan.

Cobalah untuk mulai dari evaluasi satu tahun kebelakang, hal apa saya yang sudah terjadi pada bisnis kamu. Identifikasi kelebihan apa saja yang perlu dipertahankan serta kekurangan yang harus diatasi untuk tahun 2021.

Situasi pandemi yang mungkin masih akan terjadi di tahun depan harus bisa kamu antisipasi dengan langkah dan rencana cadangan. Pastikan kamu memiliki berbagai alternatif agar bisnis bisa tetap beradaptasi di situasi pandemi Covid-19 yang serba tak pasti.

Manajemen Arus Kas yang Buruk

Berdasarkan U.S Bank Research 2019, 82% bisnis UMKM gagal di tahun pertama mereka disebabkan oleh arus kas yang berantakan.

Dari data diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa modal yang besar saja tidak akan cukup untuk membuat suatu bisnis sukses. Diperlukan manajemen cash flow yang baik agar bisnis bisa terus tumbuh dan bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Misalnya disaat pandemi terjadi di awal tahun 2020 ini. Banyak sekali hal tak terduga lainnya yang mengikuti dan menghambat jalannya bisnis kita. Mulai dari pembatasan operasional, turunnya daya beli masyarakat yang berdampak pada penjualan, hingga keperluan untuk beradaptasi, khususnya di bidang kesehatan dan keamanan. Semua itu muncul dengan cost yang tidak sedikit dalam waktu yang sangat singkat.

Dari sana kita belajar betapa penting nya manajemen keuangan yang baik, memiliki dana darurat, serta rencana alternatif untuk situasi yang tak terduga. Arus keuangan yang sehat tidak boleh diabaikan karena secara langsung akan berdampak pada prospek usahamu.

Tidak Beradaptasi dengan Teknologi

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh pelaku UMKM adalah tidak memanfaatkan teknologi yang ada. Padahal, ada banyak teknologi yang dapat membantu berbagai macam tugas dalam bisnis kamu lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efektif lho!

Misalnya, di situasi pandemi yang serba terbatas ini tentu akan sangat sulit untuk meningkatkan penjualan dengan cara konvensional. Kamu harus memanfaatkan berbagai marketplace yang ada untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Contoh lainnya adalah ketika kamu harus mengurus operasional usaha sembari membuat pembukuan keuangan. Jika kamu tidak bisa memanfaat teknologi tentu akan memakan waktu dan tenaga untuk mengerjakannya. Padahal, kamu bisa memanfaatkan aplikasi catatan keuangan digital seperti CrediBook yang dapat membantu proses pencatatan, hitung keuntungan, hingga proses pembayaran transaksi usaha. Semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan satu aplikasi. Tentu akan lebih efektif bukan?

Untuk itu, memanfaatkan teknologi dalam bisnis kamu adalah suatu keharusan yang harus kamu lakukan, terlebih lagi di era next normal nantinya.

Baca Juga : Cara Kelola Pemasukan & Pengeluaran Usaha dengan Fitur Transaksi CrediBook)

Tidak Fokus

Seiring berkembangnya bisnis, kamu pasti akan menjumpai berbagai peluang bisnis yang sepertinya layak untuk dimanfaatkan. Hal inilah yang kerap membuat seorang pebisnis menjadi tidak lagi fokus dengan rencana bisnis yang sebelumnya sudah dibuat.

Bukan berarti kamu tidak boleh memanfaatkan berbagai peluang untuk mengekspansi bisnis, hanya saja, apakah sudah siap memanfaatkan peluang baru tersebut?

Fokus yang telah terbagi justru menyulitkan pebisnis secara mutlak terutama bagi mereka yang belum sepenuhnya siap. Terutama di kondisi pandemi, kamu harus memperhitungkan setiap keputusan yang ingin diambil dengan sangat matang. Karena jika gegabah, tidak hanya kehilangan peluang, tetapi juga merugikan bisnis yang sudah ada.

Oleh karenanya, cobalah untuk tetap fokus dalam mengembangkan satu bisnis dan jadikan bisnis tersebut terus tumbuh dan berkembang.

Nah, dari 5 kesalahan diatas, adakah yang pernah kamu alami atau lakukan selama berbisnis di tahun 2020 ini?

Dengan mengetahui kesalahan bisnis yang harus dihindari oleh UMKM tadi, kamu jadi bisa menyiapkan strategi dan langkah usaha lebih baik untuk tahun 2021. Sehingga usahamu bisa terus maju dan bertahan, serta mampu menjadi penopang perekonomian Indonesia di era next normal kedepan.

(Baca Juga : Tren Marketing untuk Bisnis Sukses di Tahun 2021)

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru