thumbnail

Utang vs. Piutang

1 Mei 2020

Kata utang mungkin udah familiar banget di kuping anda, karena sehari-hari pasti ada orang yang utang. Antara kita yang utang material, atau bahkan utang budi. Intinya, kita semua paham betul kalau utang memiliki konteks sebagai segala sesuatu yang harus “dibayarkan kembali”. Tapi kalau piutang? Mungkin hanya pemilik bisnis dan orang yang berperan sebagai vendor atau produsen yang tahu. Karena itu, artikel ini akan menjelaskan secara rinci apa pengertian dan bedanya utang dan piutang.

Pertama-tama, untuk Anda yang bingung, “Sebenernya yang bener itu utang atau hutang, sih?”. Keduanya adalah istilah yang benar, namun “utang” adalah bentuk yang lebih baku dari “hutang” - bukan sebaliknya. Wow, plot twist! Oke. Intermezzo selesai, yuk kita mulai kuliah singkatnya.

Mari pertama kita lihat perbedaan utang dan piutang menurut pengertiannya dari KBBI. Utang didefinisikan sebagai “(1) uang yang yang dipinjam dari orang lain; (2) kewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima”.

Sedangkan piutang didefinisikan sebagai “(1) uang yang dipinjamkan (yang dapat ditagih dari seseorang); utang piutang, uang yang dipinjam dari orang lain dan yang dipinjamkan kepada orang lain; (2) tagihan uang perusahaan kepada para pelanggan yang diharapkan akan dilunasi dalam waktu paling lama satu tahun sejak tanggal keluarnya tagihan”

Dari kedua definisi diatas, utang adalah segala sesuatu yang sifatnya kredit. Penjelasan secara simpelnya dalam bisnis, utang merupakan uang milik orang atau pihak lain yang masih ada di dalam bisnis kita. Berbeda halnya dengan piutang, yang sifatnya debit. Secara simpel, dalam bisnis piutang adalah hak milik kita atau perusahaan yang berada di orang atau pihak lain.

Mengurus utang-piutang bisa jadi hal yang rumit karena adanya jatuh tempo dan bunga yang diberikan jika tidak dibayar pada waktunya. Karena itu, CrediBook ada untuk membantu kamu dalam urusan pembukuan utang. Melalui aplikasi CrediBook dan segala fitur yang ada di dalamnya, urusan utang-piutang jadi lebih praktis dan bisa diakses dari genggaman tangan. Nggak percaya? Yuk cobain download aplikasi CrediBook di Google Playstore!

Bagikan Artikel ini

whatsappwhatsappwhatsapp

Promo & Blog Terbaru